Pergerakan Tanah Sukajaya, 38 Rumah Rusak Warga Mengungsi

pergerakan tanah
Salah satu rumah warga di Kampung Babakan, Desa Harkatjaya, Sukajaya yang rusak akibat pergerakan tanah.

SUKAJAYA –  Sedikitnya, 132 orang dari 38 Kepala Keluarga (KK) terdampak pergerakan tanah di Kampung Babakan, Desa Harkatjaya, Sukajaya. Sebanyak 13 KK harus mengungsi lantaran rumahnya mengalami rusak berat.

Salah satu korban, Eli mengaku masih trauma atas peristiwa pergerakan tanah yang menimpanya. Kini pun dirinya tengah mengungsi di rumah kerabat bersama keluarga.

Bacaan Lainnya

“Sejak mulai pergerakan tanah beberapa hari lalu, warga sudah mulai tidak berani diam di rumah, apalagi saat hujan, semalam, (31/10/2021) juga masih terasa pergerakan tanah,” ungkapnya saat menunjukan rumahnya yang rusak berat.

Tenda pengungsian juga telah disediakan tim tanggap bencana untuk warga yang diungsikan sementara waktu. Sementara bantuan logistik berupa makanan telah diterima korban terdampak pergerakan tanah.

Menurut Eli, dirinya bersama warga lain bersedia jika akan direlokasi. Namun tidak ingin ditempatkan di Hunian Sementara (Huntara). “Daripada di sana, mending menunggu di tempatkan di rumah yang baru,” ucapnya.

Sementara dari peristiwa pergerakan tanah tersebut, Kepala Desa Harkatjaya, Neneng Nuryati merincikan, sebanyak 15 rumah rusak berat dan 23 rusak sedang.

Menurutnya, hal itu disebabkan hujan deras yang terjadi beberapa waktu terakhir di wilayah desanya. Hingga kini pun, pergeseran tanah masih terasa mengingat hujan terus terjadi.

“Memang ini rawan bencana, dari awal tahun 2020 kemarin itu sudah mulai retakan-retakan kecil. Dan yang besarnya baru kali ini,” terangnya.

Pihaknya pun memastikan telah mengungsikan korban bencana alam pergerakan tanah tersebut. Mengenai harapan warga untuk direlokasi, Neneng akan berkoordinasi dengan instansi terkait.

“Nanti kita konsultasikan dulu dan akan ada kajian dari tim BPBD Kabupaten Bogor serta badan geologi,” pungkasnya. (cok)

Editor : Yosep


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *