Pandemi, Ratusan Vila di Puncak Terbengkalai

  • Whatsapp
Vila Puncak bogor
Salah satu vila yang di jual di Kawasan Cisarua Bogor.

CISARUA- BOGOR, Kawasan Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor surganya Vila. Beragam jenis vila ada di sana. Baik vila sederhana, maupun mewah.

Keberadaan vila juga beragama ada yang dipinggir jalan raya. Ada pula yang masuk ke dalam bukit.

Bacaan Lainnya

Setiap hari, vila-vila di kawasan Puncak tak pernah absen dihuni. Baik oleh pemiliknya, maupun wisatawan penyewa Vila. Termasuk wisatawan asal Timur Tengah juga para imigran.

Harga sewanya Rp100 ribu per malam, hingga Rp5 juta permalam. Tergantung kondisi vila yang disewa.

Namun, semenjak Pandemi Covid 19 melanda Indonesia, vila-vila di kawasan Puncak tak berpenghuni. ditinggal Wisatawan. Juga pemilik vila yang tak bisa berlibur ke puncak lantaran pembatasan mobilitas.

Kondisi ini, membuat sejumlah vila terbengkalai. Sebagian nampak terlihat horor, lantaran terlalu lama tidak dihuni. Kondisi vila terbengkalai itu mudah ditemui.

“Iya banyak yang terbengkalai, sepi akibat pandemi ini,”ujar Iswanto salah satu mantan penjaga vila di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor kepada Radar Bogor Kamis (23/9/2021).

Ia menuturkan, banyak penjaga atau masyarakat penyewa vila beralih profesi menjadi pedagang kopi selama pandemi. Lantaran tidak adanya wisatawan menyewa vila yang mereka jaga.

“Satu tahun pernah sepi sama sekali. Gak ada yang sewa,” tuturnya.

Hal itu diamini oleh Ketua Pokdarwis Kabupaten Bogor Teguh Mulyana. Kepada Radar Bogor pria yang akrab disapa Bowi itu menuturkan, jasa sewa vila sepi.

“Selama pandemi sepi. Sama seperti hotel-hotel,” katanya kepada Radar Bogor.

Ilustrasi kawasan vila di Puncak.

Bahkan tidak sedikit pemilik vila menjual vila mereka lantaran tak terpakai. Umumnya yang menjual merupakan ahli waris pemilik vila sebelumnya. “Iya, banyak yang menawarkan vila untuk dijual,” ujar Bowi.

Hal senada dikatakan, Kasi Trantib Kecamatan Cisarua Efendi. Kepada Radar Bogor ia mengatakan ada ratusan vila yang terbengkalai di Kecamatan Cisarua.

“Dari 1.937 vila yang terdata, ada 25 persen yang terbengkalai,” katanya kepada radar Bogor Kamis (23/9/2021). (all)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *