DPRD Kota Bogor Libatkan Kejari, Bahas Raperda Produk Hukum Daerah

  • Whatsapp
Kajari Kota Bogor
Kajari Kota Bogor, Sekti Anggraini usai pembahasan penyusunan raperda produk hukum daerah di DPRD Kota Bogor, Senin (11/10/2021).

BOGORDPRD Kota Bogor menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor membahas raperda produk hukum daerah di wilayahnya.

Raperda produk hukum daerah tersebut nantinya bakal menjadi paduan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda).

Bacaan Lainnya

“Jadi kami datang ke DPRD dalam kapasitas jaksa pengacara negara, di Datun (Perdata Tata Usaha Negara) ada tugas dan fungsi pendampingan hukum, legal assisten terhadap urusan pemerintah,” kata Kajari Kota Bogor, Sekti Anggraini di DPRD Kota Bogor, kepada Radar Bogor, Senin (11/10/2021).

Kedatanganya kata dia, selain melakukan pendampingan, juga membantu dalam penyusunan raperda produk hukum daerah berkolaborasi dengan Bagian Hukum dan Ham pada Setda Kota Bogor.

“Kami berikan masukan, pertimbangan terhadap keseluruhan penyusanan draftingnya menjadi prodak yang benar baik bagaimana? Dari naskahnya, formatnya, diharapkan menjadi perda yang benar-benar bisa aplikatif, tidak multi tafsir,” kata Sekti.

Pertemuanya dengan DPRD Kota Bogor bukan yang pertama, Sekti menambahkan jika pendampingan tersebut akan terus dilakukan hingga raperda produk hukum daerah tersebut menjadi produk hukum yang baik dari segala aspek hukumnya.

“Masih ada pertemuan lagi, karena tidak mudah (penyusunannya), step by step, terus berkolaborasi sampai akhirnya selesai,” ucapnya.

Sekti mengatakan, pendampingan penyusunan raperda produk hukum daerah tersebut dilakukan untuk menghindari adanya ketidak sesuaian dengan produk hukum yang lebih tinggi kedudukannya.

“Kami menjaga agar hal-hal seperti itu (berbenturan dengan produk hukum yang lebih tinggi) tidak terjadi lagi,” imbuhnya.

“Jadi peraturan yang bagus keluar aplikatif, bisa diterapkan, dan juga dirasakan. Kami sama-sama menuangkan pikiran, dengan Pansus dan Jaksa Negara,” sambungnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *