Jokowi Minta Terus Menginspirasi

  • Whatsapp

BOGOR-Sebenarnya berkali-kali Sutopo Purwo Nugroho berharap bisa bertemu Presiden Joko Widodo. Terutama ketika sama-sama meninjau lokasi bencana.

Tapi, selalu gagal. Penyebabnya beragam. “Saya berdiri di sini, Presiden lewat sana,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu di Istana Kepresidenan Bogor kemarin (5/6).

Bacaan Lainnya

Tapi, harapan itu akhirnya terwujud. Kemarin Jokowi mengundang Sutopo ke Istana Kepresidenan Bogor. Kurang lebih 20 menit sosok yang tengah mengidap kanker paru-paru stadium 4B itu berbincang empat mata dengan presiden.

Jokowi mengatakan, dia sangat menghargai Sutopo atas konsistensinya menginformasikan bencana. Padahal, tengah dalam keadaan sakit. Menurutnya, itu menunjukkan besarnya dedikasi Sutopo terhadap pekerjaannya.

“Itu sangat memberikan sebuah penghargaan, kepada sebuah pekerjaan, dedikasi, sebuah pekerjaan yang luar biasa,” ujar Jokowi seusai pertemuan, didampingi Sutopo.

Jokowi menilai pria kelahiran Boyolali, Jawa Tengah, itu sebagai sosok inspiratif. Dia pun berharap pejabat publik lain terinspirasi oleh kegigihannya.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden memberikan hadiah berupa dua buah foto bersama yang termuat dalam cover foto. Selain ditandatangani, di dalam foto tersebut Jokowi menulis sebuah pesan. “Tetaplah Menjadi Inspirasi.”

Terkait penghargaan lain yang mungkin akan diberikan negara, mantan gubernur Jakarta itu mengaku belum memutuskan. “Saya baru tahu hari ini (kemarin, tenga kondisi kesehatan Sutopo). Jadi saya belum bisa berbicara mengenai itu (penghargaan),” kata Jokowi.

Sutopo tentu saja bersyukur atas kesempatan bertemu presiden. Keluarga di kampung pun, lanjutnya, ikut bangga. Apalagi, dia diberi oleh-oleh berupa foto, tandatangan, dan caption langsung dari Presiden. “Ini kado terindah menjelang ulang tahun tanggal tujuh (Oktober),” ujarnya.

Dia juga tidak menyia-nyiakan momen tersebut. Selain berbincang, Sutopo juga bersawafoto dan nge-vlog bareng Jokowi. Dia melakukannya untuk bahan di sosial media.

Bahkan, secara bergurau dia mengatakan sempat minta sepeda. Lalu, apa keinginannya setelah bertemu Presiden, pria berusia 48 tahun itu mengaku tidak menginginkan apa-apa. “Saya hanya ingin sehat,” ujarnya.

 

(far/ttg)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *