Danrem 061/Suryakancana Sebut Prajurit TNI Dicintai karena Niat Ibadah dan Totalitas

  • Whatsapp

BOGOR, RADARSUKABUMI.com – Komandan Korem 061/Surayakancna, Brigjen TNI Achmad Fauzi mengungkapkan rahasia agar kehadiran prajurit TNI dapat dicintai oleh masyarakat dan kerjanya dirasa berkualitas. Yakni dengan totalitas dan meniatkan bahwa kerja sebagai ibadah yang dilakukan secara konsisten.

Hal ini disampaikan pria yang karib disapa Fauzi kepada pakar Komunikasi dan motivator nasional Dr Aqua Dwipayana di rumah dinasnya. Mereka mendiskusikan berbagai hal sekitar 3,5 jam, Sabtu malam (27/2/2021).

Dr Aqua di tengah jadwalnya yang padat sengaja silaturahim ke Fauzi. Tujuan utamanya adalah membicarakan tentang rencana Sharing Komunikasi dan Motivasi sebanyak tujuh sesi di jajaran Korem 061/Surya Kancana yang dipimpin Fauzi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat ketemu Dr Aqua pada Minggu sore (14/2/2021) lalu di resto Sari Baping Malangbong KM 61,1 Kabupaten Garut menyampaikan terima kasih atas kesediaan Dr Aqua Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan jajarannya di Kodim Tasikmalaya dan Kodim Ciamis. Mantan Danrem 051/Wijayakarta Jakarta itu yakin kegiatan tersebut sangat bermanfaat buat prajurit dan istrinya.

“Terima kasih banyak Mas Aqua atas kesediaannya untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan para prajurit saya dan istrinya. Saya yakin manfaatnya besar sekali buat mereka dan satuan tempat mereka bekerja,” ungkap Nugroho yang didampingi putri bungsunya Azmi Hanifah Budi Setyaningati.

Sesudah Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kodim Tasikmalaya dan Kodim Ciamis, Nugroho meminta Dr Aqua untuk melakukannya di seluruh satuan yang dipimpinnya mulai dari Batalyon, Kodim, Korem, hingga semua Balak yang ada di Kodam III/Siliwangi.

Nugroho mengatakan yang menjadi prioritas adalah Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda Kota Bogor yang dalam waktu dekat akan melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan di Papua. Sebelumnya beberapa tahun lalu telah melaksanakan kegiatan serupa di wilayah Kalimantan Barat.

“Saya ingin seluruh prajurit saya di Yonif 315/Garuda Kota Bogor yang mendapat kehormatan tugas operasi ke Papua fokus pada tugas-tugasnya dan dapat berinteraksi secara baik dengan masyarakat di sana. Sedangkan para istri dan anak-anaknya mendukung penuh aktivitas mulia suami dan bapaknya,” tegas Nugroho.

Menindaklanjuti permintaan Nugroho, Dr Aqua mulai Senin pagi (1/3/2021) besok Sharing Komunikasi dan Motivasi di Korem 061/Surya Kancana. Kemudian dilanjutkan ke Kodim Kota Bogor dan Kodim Kabupaten Bogor.

Selasa pagi (2/3/2021) Dr Aqua diagendakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kodim Kabupaten Sukabumi di Pelabuhan Ratu. Kemudian di Kodim Cianjur dan Kodim Kota Sukabumi.

Sebelum meninggalkan Kota Sukabumi menuju Banten, Dr Aqua diagendakan Sharing Komunikasi di Polres Sukabumi Kota. Kapolresnya AKBP Sumarni yang mengundang penulis banyak buku best seller itu.

“Begitu tahu Pak Aqua akan melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kodim Kota Sukabumi, saya langsung menyampaikan undangan agar beliau melakukan kegiatan serupa dengan jajaran saya di Polres Sukabumi Kota. Alhamdulillah Pak Aqua berkenan,” ujar Sumarni yang merupakan Kapolres perempuan pertama di Polres Sukabumi Kota.

Untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi di Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda Kota Bogor diagendakan pada Sabtu pagi (13/3/2021). Menyesuaikan dengan jadwal luang di Yonif itu.

Dengan tegas Dr Aqua menyampaikan bahwa seluruh jajaran di Korem 061/Surya Kancana Bogor harus bersyukur karena dipimpin oleh Danrem yang sangat amanah. Sehingga mereka tidak perlu mencari role model di luar Korem. Cukup menconton keteladanan Danremnya Brigen TNI Achmad Fauzi.

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, melantik Kolonel Inf Achmad Fauzi sebagai Danrem 061/Surya Kancana Bogor pada Senin (30/11/2020). Serah terima jabatan dengan pejabat lama Brigjen TNI Agus Subiyanto dilaksanakan di Ruang Sudirman Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung.

Sebelum bertugas di Bogor, Fauzi menjabat sebagai Kepala Staf Korem 172/Praja Wira Yakti Papua. Sedangkan Agus dipromosikan  menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Sekitar tiga bulan menjabat Danrem 061/Surya Kancana, Fauzi berhasil menjaga kondusivitas di seluruh wilayah kerjanya. Hal itu seperti kebiasaan Fauzi yang selalu bertangan dingin setiap memimpin satuan.

Saat mereka berdua ngobrol santai, kepada Dr Aqua, anak keenam dari pasangan almarhum Djoemadin dan almarhumah Siti Mujawaroh itu bercerita banyak tentang kehidupannya. Mulai dari kecil sejak ditinggal ayahnya karena meninggal pada 1982 hingga sekarang ini menjadi jenderal.

“Pak Aqua, saya sejak dulu meyakini kekuatan doa seorang ibu. Perjalanan karir saya lancar sekali hingga sekarang ini adalah karena peran ibu yang luar biasa. Makanya saya sangat kehilangan ketika ibu meninggal pada 19 Oktober 2017 di Jember. Waktu itu pangkat saya Kolonel,” terang Fauzi yang banyak bercerita perjuangan hidup ibunya yang luar biasa saat membesarkan ketujuh anaknya.

Selama menjadi prajurit TNI banyak prestasi yang telah ditorehkan bapak tiga anak itu. Di antaranya Fauzi adalah angkatan 1995 yang pertama kali jadi jenderal dan menduduki jabatan strategis sebagai Danrem 061/Surya Kancana yang bertanggung jawab pada pengamanan VVIP RI 1 di sekitar Istana Kepresidenan Bogor.

Sebelumnya Fauzi saat lulus dari Akademi Militer pada 1995 terpilih sebagai salah satu perwakilan prajurit TNI Angkatan Darat yang diambil Sumpah Prasetya di hadapan Presiden RI Jenderal Besar TNI Soeharto. Meskipun waktu itu dia bukan peraih Adhi Makayasa.

Setelah itu Fauzi bertugas di Kopassus. Laki-laki yang rendah hati itu mendapatkan penghargaan Sangkur Perak Pendidikan Komando Angkatan 73.

Salah satu kunci sukses Fauzi dalam bertugas di berbagai wilayah operasi baik di Indonesia seperti di Timor Timur dan Papua (duluan Irian Jaya-red) maupun di luar negeri adalah mengutamakan komunikasi dengan hati. Dia meyakini siapapun manusianya kalau disentuh hatinya akan luluh.

Terkait dengan itu mantan Aspers Danpaspampres tersebut di manapun bertugas selalu menekankan kepada semua prajuritnya agar mengutamakan komunikasi dengan hati. Tidak sekedar memerintah, namun Fauzi memberikan contoh langsung tentang hal itu.

“Hasilnya luar biasa Pak Aqua. Mereka yang awalnya menganggap saya dan pasukan sebagai musuh, akhirnya menjadi teman. Bahkan belakangan akrab seperti saudara,” ungkap Fauzi sambil menceritakan beberapa pengalamannya terkait dengan itu baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Mengawali kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi di wilayah kerjanya, pada sesi pertama di Korem 061/Surya Kancana Senin pagi (1/3/2021) akan dibuka langsung oleh Fauzi. Di tengah-tengah jadwalnya yang padat, dia menyempatkan waktu untuk menghadiri acara itu.

Menurutnya semua prajuritnya yang ditugaskan hadir di tujuh sesi sudah siap untuk menyimak Sharing Komunikasi dan Motivasi yang disampaikan Dr Aqua. Fauzi yakin kegiatan itu sangat bermanfaat buat para prajuritnya terutama saat pandemi Covid-19.

“Terima kasih banyak Pak Aqua atas kesediaan bapak melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Korem 061/Surya Kancana dan jajaran termasuk di semua Kodim dan Yonif. Kehadiran Pak Aqua pasti sangat bermanfaat untuk memberikan pencerahan dan menyemangati para prajurit di saat pandemi Covid-19 ini,” pungkas Fauzi sambil tersenyum. (*/izo)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *