Bupati Bogor, Pangdam III Siliwangi Bahas Huntap, Masih Terkendala Masalah Lahan

Ilustrasi Huntap Sukajaya
Ilustrasi Huntap Sukajaya

CIBINONGDalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Bogor, Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Agus Subiyanto bersama Bupati Bogor membahas progres pembangunan hunian tetap (huntap) di Cigudeg.

Setelah tahap pertama pasca bencana yakni pembangunan hunian sementara (huntara), menurutnya harus ada tahap-tahap yang dilaksanakan.

Bacaan Lainnya

“Tahap berikutnya adalah tahap pembangunan huntap yang saat ini sudah dibangun 500 rumah dan beberapa rumah sudah diisi oleh masyarakat.

Masih ada lagi 500 rumah yang belum terbangun karena ada masalah lahan,” ungkap Mayjen TNI Agus Subiyanto.

Di mana, sambungnya, lahan yang akan dipakai merupakan milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN), sehingga pihaknya bersama Pemkab Bogor masih terus berkoordinasi dengan kementerian terkait.

Dirinya berharap, pembangunan huntap dapat segera terselesaikan yang di tahun ini rencananya bakal dibangun 500 unit.

“Setelah koordinasi mengenai lahan tersebut sudah selesai,” imbuhnya.

Mengenai masalah lahan tersebut, Bupati Bogor, Ade Yasin menjelaskan, Pemkab Bogor harus terlebih dahulu mengganti rugi pohon sawit sebelum melakukan land clearing di lahan PTPN seluas kurang lebih 4 hektare.

Hal itu perlu dilakukan untuk membangun sisa jumlah huntap dari bantuan anggaran pemerintah pusat.

“Pemkab Bogor mendapat kucuran bantuan anggaran dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan akan melanjutkan pembangunan huntap tahun ini,” tandasnya.(cok)

Editor: Rany

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.