Bupati Bogor Optimis Kurangi Penganguran, Kukuhkan Kabekraf

  • Whatsapp
Bupati Ade Yasin
Bupati Ade Yasin melantik pengurus Kabekraf Kabupaten Bogor di tempat wisata Sukamamur, Kabupaten Bogor.

BOGOR, Dalam rangka menggairahkan dan menyemarakkan Kembali giat ekonomi kreatif di Kabupaten Bogor, Bupati Ade Yasin melantik serta mengukuhkan anggota Kabekraf (Komite Kabupaten Bogor Ekonomi Kreatif) di kawasan wisata Curug Cipamingkis Sukamakmur, Sabtu (25/9/2021).

Ade Yasin mengatakan, pengukuhan anggota Kabekraf ini sebagai wadah untuk para pelaku usaha di Kabupaten Bogor yang nantinya dapat diarahkan dan dibina untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Kabekraf ini salah satu upaya mengurangi penganguran dan membentuk kreatif anak-anak muda. Seiring dengan permohonan yang semakin maju, anak muda cukup banyak yang buka usaha tentu ini perlu diarahkan,” kata Ade Yasin kepada media.

lebih Lanjut Ade Yasin menambahkan, Kabekraf harus beda dari yang lain, lebih kreatif, lebih inovatif dan bisa jadi leader yang pertama bukan hanya follower.

“Saya optimis Kabekraf pelaku ekonomi yang kreatif dan inovator bergerak optimal jadi mitra Pemerintah Kabupaten Bogor, kita butuh tenaga-tenaga muda,” tambahnya.

Politisi PPP ini juga meminta agar Kabekraf dapat merangkul semua ekonomi kreatif, tidak hanya di Cibinong Raya tapi semua termasuk pedesaan, karena banyak produk UMKM dari pedesaan yang layak untuk dipopulerkan, termasuk kopi hasil perkebunan dari Sukamakmur, Tanjungsari, dan Cisarua.

“Dan ini akan menjadi pusat perkembangan perekonomian yang baru di desa apalagi kami support dengan perbaikan infastruktur,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Deni Humaedi menuturkan keberadaan Kabekraf ini harus menjadi kuda penarik dan harus menjadi perekat untuk semua pelaku usaha.

“Kabekraf harus melihat pasar ketika menjual produk-produk usaha kreatif dan kebutuhan pasar juga harus ditangkap Kabekraf serta pelaku usaha kreatif itu sendiri,” tutur Deni.

Ditempat yang sama, Ketua Kabekraf Kabupaten Bogor Alfis Satriatmoko mengungkapkan, Kabekraf sendiri nantinya akan melakukan sosialisasi kepada pelaku ekonomi kreatif yang saat ini ada di setiap kecamatan di Kabupaten Bogor.

“Kita akan sosialisasi terlebih dahulu, kita rangkum dan berikan pelatihan, lakukan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas dari setiap pelaku dan meningkatkan produksi,” ungkap Alfis.

Program jangka pendek Kabekraf sendiri lebih kepada memulihkan ekonomi daerah, yang akan dinaungi dan diajak untuk berkolaborasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *