HUT XL Axiata Ke-24, Terus Lahirkan Layanan Inovatif Demi Memajukan Indonesia

SUKABUMI – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memperkuat komitmen untuk selalu mendukung pembangunan nasional melalui bidang telematika.

Menginjak usia yang ke-24 tahun berkiprah sebagai operator telekomunikasi dan data di Indonesia, XL Axiata menyadari sepenuhnya atas urgensi bidang telematika yang digelutinya sebagai salah satu penopang utama percepatan pembangunan nasional.

Bacaan Lainnya

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini menegaskan, XL Axiata akan berusaha selalu menyelaraskan kepentingan usaha dan bisnis dengan dukungan kepada visi pembangunan yang dijalankan pemerintah.

“Selama 24 tahun XL Axiata berkiprah di Industri Telekomunikasi Indonesia, selama itu pula kami berusaha semaksimal mungkin mendukung program-program pemerintah yang terkait dengan bidang telematika,” ujar Dian kepada Radar Sukabumi, Kamis (8/10).

Pihaknya sangat menyadari keberadaan infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi, internet, dan data digital akan semakin penting guna menopang pembangunan di semua bidang.

“Kami akan melanjutkan dukungan kepada pemerintah melalui pembangunan jaringan infrastruktur yang semakin luas hingga ke pelosok-pelosok area, adopsi atas teknologi terbaik dan terbaru, serta melahirkan produk-produk layanan inovatif yang akan mendorong produktivitas masyarakat Indonesia,” tegasnya.

Dian melanjutkan, di saat pandemi tengah berjangkit seperti sekarang, masyarakat semakin merasakan betapa urgentnya keberadaan jaringan internet dan produk layanan digital untuk mendukung hampir semua aktivitas kehidupan mana kala faktor kesehatan memaksa mereka untuk tetap tinggal di rumah dan menghindari kerumunan.

Dia menegaskan, dari evaluasi atas kualitas layanan selama masa pandemi, manajemen XL Axiata telah menempuh berbagai upaya untuk bisa memaksimalkan kualitas layanan sehingga bisa memenuhi harapan pelanggan.

Selain itu, sejumlah produk baru yang inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan terkini telah ditawarkan kepada pelanggan.

Menurut Dian, untuk bisa menyediakan layanan-layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan berbagai segmen, XL Axiata terus meningkatkan penggunaan analitik data agar bisa lebih tepat dalam melihat ekspektasi pelanggan.

Jika setiap pelanggan bisa memperoleh layanan yang benar-benar mereka butuhkan, maka manfaat setiap layanan XL Axiata juga akan lebih maksimal mereka dapatkan.

XL Axiata juga terus mendorong pemanfaatkan jaringan infrastruktur yang terus dibangun hingga kepelosok daerah dengan menciptakan berbagai layanan yang bisa mendorong produktifvitas masyarakat di setiap area.

Salah satunya melalui layanan Internet of Thing (IoT), yang bisa memfasilitasi pelaku usaha besar hingga level kecil dan mikro untuk bisa menjadi lebih maju.

“Berbarengan dengan pengembangan berbagai layanan inovatif tersebut, XL Axiata juga terus membangun jaringan data di semua wilayah Indonesia untuk meningkatkan kualitas koneksi dan memperluas wilayah jangkauan,” terang Dian.

Hingga akhir semester pertama 2020, jaringan data XL Axiata telah menjangkau lebih dari 93 % populasi penduduk. Total sebanyak 139 ribu unit BTS, termasuk lebih dari 49 ribu unit BTS 4G, menopang jaringan XL Axiata di 456 kota/kabupaten di hampir seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Selain itu, backbone fibre optic milik XL Axiata membentang sepanjang ribuan km menghubungkan semua jaringan yang tersebar di sebagian besar wilayah kepulauan Nusantara.

Layanan VoLTE di 13 Kota

Salah satu layanan inovatif yang masih baru yang XL Axiata mulai implementasikan adalah Voice over LTE (VoLTE).

Pertama kali diperkenalkan pada Agustus 2020 lalu di kota Jakarta dan Medan, XL Axiata terus memperluas cakupan layanan VoLTE dan kini telah tersedia di 13 kota, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Medan, Jogja, Semarang, Surabaya, Malang dan Sidoarjo.

VoLTE atau Voice Over LTE adalah layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan VoLTE layanan voice menjadi lebih baik di mana kualitas suara menjadi sangat jernih. Selain itu, kecepatan sambung yang sangat singkat.

“Oleh karena itu, XL Axiata optimis layanan VoLTE akan bisa menjadi fitur layanan percakapan pilihan pelanggan,” tambah Dian.

Pada tahap awal ini layanan VoLTE didukung oleh beberapa ribu BTS 4G XL Axiata yang tersebar di kota-kota yang telah terjangkau layanan ini.

Saat ini XL Axiata sedang menyiapkan infrastruktur jaringan di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya. Agar pelanggan dapat menikmati kualitas layanan suara yang prima, XL Axiata perlu melakukan optimasi jaringan secara menyeluruh sehingga benar benar siap untuk layanan VoLTE. Ke depan seluruh BTS 4G/LTE dipersiapkan untuk mendukung layanan VoLTE.

Layanan VoLTE bisa di nikmati oleh pelanggan XL Axiata dengan smartphone yang sudah mendukung layanan VoLTE dengan tarif yang sama dengan tarif layanan percakapan yang ada saat ini.

Hal ini untuk memudahkan pelanggan dalam penggunaan layanan VoLTE. Layanan VoLTE tidak mengurangi kuota data pelanggan XL Axiata pada saat menggunakannya untuk percakapan telepon, tidak seperti penggunaan percakapan telepon menggunakan aplikasi pihak ketiga

Selain itu, XL Axiata juga telah bekerja sama dengan beberapa produsen smartphone untuk memastikan ketersediaan smartphone dengan layanan VoLTE seperti Huawei dan Xiaomi serta menyusul Samsung, Vivo, Advan dan Evercoss yang saat ini dalam tahapan testing.

Jumlah smartphone yang mendukung layanan VoLTE XL Axiata akan segera terus bertambah untuk memudahkan pelanggan mendapatkan layanan kualitas percakapan yang lebih baik sambil tetap menikmati koneksi data yang lancar.  Pelanggan dengan smartphone yang mendukung di VoLTE dan berada dalam daerah layanan VoLTE XL Axiata akan otomatis menerima pemberitahuan dari XL Axiata untuk bisa segera mengaktifkan layanan VoLTE.

Pengembangan Aplikasi myXL

Hasil inovasi lainnya yang XL Axiata kenalkan bersamaan dengan perayaan hari jadi ke-24 tahun XL Axiata adalah pengembangan aplikasi myXL.

Aplikasi ini memudahkan pelanggan XL prabayar dan XL Go IZI untuk mendapatkan layanan XL Axiata, baik dalam hal informasi produk pelanggan, transaksi pembelian produk XL Axiata, dan informasi terkait kampanye dan promo produk lainnya yang disuguhkan kepada pelanggan secara personal sesuai dengan kebutuhan mereka yang beragam.

Dengan aplikasi myXL yang telah dikembangkan ini, diharapkan pengalaman pelanggan dapat meningkat sehingga bisa menambah kepuasan pelanggan XL Axiata terhadap produk dan layanan XL Axiata.

Selain itu yang membedakan aplikasi myXL lama dengan yang baru adalah aplikasi myXL yang baru dapat diakses lebih cepat, dengan tampilan design yang lebih menarik, dengan fitur personalisasi yang lebih maju dibandingkan myXL lama.

Melalui aplikasi myXL yang baru, pelanggan juga bisa mendapatkan kemudahan dalam satu aplikasi dan harga terbaik setiap hari, juga poin myXL yang bisa ditukar dengan penawaran menarik. Khusus untuk pengenalan aplikasi myXL ini, pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan Xtra Unlimited Turbo Plus GRATIS setiap hari. Aplikasi spesial yang bisa diambil GRATIS saat ini adalah YouTube.

Pelanggan hanya perlu memiliki Aplikasi myXL dan setiap hari bisa langsung ambil Unlimited YouTube tersebut di dalamnya. Diharapkan dengan adanya aplikasi myXL yang baru ini akan dapat meningkatkan ketertarikan pelanggan untuk menggunakan sehingga pada akhirnya juga dapat meningkatkan interaksi dan retensi pelanggan.

Aplikasi myXL akan terus dikembangkan untuk memberikan lebih banyak lagi keuntungan bagi pelanggan melalui beragam bonus aplikasi, layanan customer support terintegrasi serta program loyalty.  Saat ini pelanggan XL yang menggunakan smartphone android bisa mengunduh aplikasi ini di playstore, sedangkan untuk pengguna IOS bisa mengunduhnya di App store di bulan November mendatang.

Donasi smartphone layak pakai untuk pelajar  dan Dana tunai untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Melengkapi rangkaian kegiatan Ulang Tahun, XL Axiata bersama dengan karyawan mengajak mitra kerja, pelanggan dan masyarakat umum melakukan kegiatan sosial berupa donasi smartphone dan penggalangan dana mulai tanggal 8 sampai dengan akhir Oktober.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu para pelajar kurang mampu di area terpencil yang selama ini kesulitan untuk bisa memiliki smartphone sebagai sarana mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sasaran penyaluran donasi ini adalah para pelajar di pelosok-pelosok area yang berada di Nusa Tenggara, Sumatra, dan Kalimantan.

Program pengumpulan smartphone baru maupun bekas layak pakai ini terbuka bagi karyawan, pelanggan, dan masyarakat luas. Smartphone bekas layak pakai tersebut bisa dilberikan/dilakukan di XL Center seluruh Indonesia.

Manajemen XL Axiata akan memberikan satu buah smartphone baru untuk setiap smartphone layak pakai yang berhasil dikumpulkan. Dengan demikian, makan nanti jumlah smartphone yang bisa didonasikan menjadi berlipat lebih banyak, yang berarti akan semakin banyak juga pelajar yang terbantu.

Setiap pelajar penerima donasi smartphone juga akan mendapatkan kartu perdana lengkap dengan paket data XL Axiata, sehingga mereka bisa langsung menggunakan smartphone tersebut untuk mengikuti PJJ.

Penyaluran donasi smartphone ini akan dibantu Benihbaik.com sebagai mitra XL Axiata. Sementara itu, pemilihan para pelajar penerima donasi akan dibantu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama untuk pelajar madrasah.

Selain dalam bentuk smartphone, XL Axiata juga akan memberikan dukungan dalam bentuk dana tunai. Untuk itu, XL Axiata akan mengajak masyarakat dan pelaku bisnis lainnya, terutama para mitra dan relasi, untuk ikut berpartisipasi sebagai donatur.

Partisipasi bisa dilakukan melalui nomor rekening bank BCA: 2050010280 a/n PT XL Axiata Tbk. Sebagai inisiator, XL Axiata mengalokasikan dana sebesar Rp2,4 miliar, sesuai angka ulang tahun ke-24.

Dana senilai Rp2,4 miliar ini akan digabungkan dengan dana hasil pengumpulan bersama masyarakat dan berbagai pihak yang berpartisipasi, untuk nantinya akan disalurkan secara resmi dan transparan ke pihak-pihak yang membutuhkan sesuai aturan yang berlaku.

Rencana pendistribusian donasi smartphone dan dana ini akan dilaksanakan sekitar pertengahan November 2020. XL Axiata melihat, dukungan pada dunia pendidikan sangat dibutuhkan agar puluhan juta pelajar Indonesia bisa tetap memperoleh pendidikan yang layak selama masa pandemi. (*/sri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *