Teh Kulit Pisang Diminum Sebelum Tidur Buat Apa Sih?

Teh Kulit Pisang

RADARSUKABUMI.com – Pada dasarnya, pisang secara keseluruhan bisa meningkatkan kualitas tidur. Teh kulit pisang sendiri diketahui baik diminum sebelum tidur.

“Pisang penuh dengan berbagai nutrisi penunjang tidur, khususnya magnesium relaksan otot alami dan kalium,” kata ahli diet terdaftar Eliza Savage, RD, seperti dilansir laman MSN.

Buah berwarna kuning ini mengandung asam amino yang disebut tryptophan, yang merupakan prekursor untuk hormon tidur, melatonin, dan neurotransmitter yang memengaruhi suasana hati, serotonin.

Berdasarkan beberapa laporan penelitian, kulit pisang memang memiliki konsentrasi kalium dan magnesium yang tinggi.

“Sepengetahuan saya, aman untuk menyeduh teh menggunakan kulit pisang. Namun, saya akan merekomendasikan membersihkan kulit pisang dengan seksama, dan memilih pisang organik,” jelas Savage, untuk menghindari konsumsi sisa pestisida atau herbisida.

Untuk membuat teh kulit pisang, mulailah dengan pisang organik yang matang. Tidak perlu banyak kulit pisang untuk mendapatkan efek positif dari teh, antara seperempat setengah kulitnya sudah cukup.

Kulit pisang yang sudah dibersihkan dimasukkan ke dalam panci dan direndam dalam air. Masak dan biarkan sampai mendidih. Setelah air mendidih, kecilkan api, dan biarkan teh kulit pisang matang sekitar sepuluh menit. Kemudian keluarkan kulitnya, tuangkan air rebusan itu ke dalam cangkir.

Savage juga merekomendasikan agar memasukkan rempah-rempah seperti pala, kayu manis, atau kunyit ke dalam minuman. Melengkapi rasa kulit pisang, tambahkan daging buahnya saat air sedang diseduh.

(fny/jpnn/pojokjabar/izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *