Pengelola GCP jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

SUKABUMI – Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi merilis, pengelola Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

PIC Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Rama Kundarsah menjelaskan, destinasi pariwisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu (GCP) merupakan sebuah konsep manajemen sumber daya keanekaragaman bumi yang memiliki daya tarik wisata.

Bacaan Lainnya

“Keanekaragaman ini mencakup geologi (geodiversity), biologi (biodiversity), sosial budaya (cultural geodiversity) dan pariwisata,”ujar Rama kepada Radar Sukabumi, Rabu (17/10).

Sebagaimana diketahui pada 17 April 2018, GCP ditetapkan menjadi Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) dan pada 14 September 2018 CPUGG ditetapkan menjadi anggota Global Geopark Network (CGN).

BPJS Ketenagakerjaan melindungi pekerja di Indonesia, termasuk seluruh tenaga kerja yang bekerja pada Pengelola Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark.

“Bersamaan dengan digelarnya acara Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark Festival ke-4 di kawasan CPUGG dan dipusatkan di geosite amphiteater/Panenjoan Desa Tamanjaya Kecamatan Ciemas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) bersama Pemerintah Kabupaten Sukabumi,”terangnya.

Pada kegiatan itu, juga dilakukan secara simbolis penyerahan Sertifikat Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan oleh Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata RI, Dadang Rizki Ratman kepada Bupati Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami selaku Ketua Harian Badan Pengelola Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark.

Pada sambutannya Marwan Hamami mengatakan, seluruh tenaga kerja yang bekerja dalam Pengelola Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan.

“Termasuk kegiatan-kegiatan yang dapat menggerakkan sistem industri pariwisata yang akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, diharapkan seluruhnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,”katanya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi, Emir Syarif Ismel setelah memberikan secara simbolis Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada Koordinator Ranger M. Teguh, mengapresiasi langkah yang dilakukan Badan Pengelola Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark yang mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi untuk secara terus menerus mensosialisasikan Program BPJS Ketenagakerjaan yang ada di wilayahnya,”lanjut Emir.

 

(dit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *