BJB Beri Kemudahan Persyaratan Akses Kredit UMKM Hingga Rp2 Miliar

  • Whatsapp
ILUSTRASI: BJB punya sederet produk yang cocok untuk dijadikan sarana memperkuat permodalan usaha. Antara lain KUKM, KMU, KUKM, serta Kredit Mesra yang merupakan hasil kerja sama BJB dan Pemprov Jabar, dan kredit ini hanya berlaku di wilayah Jabar. (BJB for Radar Sukabumi)

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Bagi masyarakat yang hendak memperkuat permodalan untuk usaha, pastinya mengharapkan fasilitas pembiayaan atau kredit yang memberi kemudahan.

Untuk kemudahan dalam mengajukan kredit permodalan usaha tersebut Anda dapat mengakses produk kredit yang disediakan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk (Bank BJB).

Bacaan Lainnya

Sebagai mitra setia dunia usaha, khususnya pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), BJB memiliki sederet produk yang sangat cocok untuk dijadikan sarana memperkuat permodalan usaha. Beberapa di antara produk kredit tersebut antara lain Kredit Usaha Kecil dan Menengah (KUKM), Kredit Mikro Utama (KMU), Kredit Usaha Kecil dan Menengah (KUKM), serta Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra) yang merupakan hasil kerja sama antara BJB dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) dan kredit ini hanya berlaku di wilayah Jabar.

Setiap produk kredit menyediakan fasilitas yang berbeda-beda, termasuk besaran pinjaman yang dapat diperoleh dan jangka waktu cicilan pengembalian sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan pelaku usaha. Baik BJB KUKM, BJB KMU dan Kredit BJB Mesra sengaja dirancang untuk memenuhi kebutuhan permodalan di berbagai jenjang dan skala usaha.

BJB KUKM menyediakan batas maksimal pinjaman hingga Rp2 miliar. Ada dua opsi jangka waktu pengembalian KUKM, yakni 60 bulan untuk jenis pinjaman Kredit Modal Kerja (KMK), dan 96 bulan untuk Kredit Investasi (KI).
BJB KUKM dapat diajukan oleh perorangan maupun badan usaha.

Untuk persyaratan KUKM perseorangan adalah fotokopi KTP calon debitur dan pasangan (yang masih berlaku), fotokopi NPWP calon debitur dan pasangan, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi Akta Nikah/Cerai/Kematian (jika ada), surat izin usaha perdagangan (SIUP) atau perizinan lainnya yang berlaku dan dokumen kepemilikan jaminan.

Sedangkan untuk pengajuan bagi badan usaha, persyaratannya meliputi fotokopi akta pendirian badan usaha, fotokopi data dan dokumen legalitas badan usaha, fotokopi KTP pengurus badan usaha yang masih berlaku, serta fotokopi NPWP perusahaan dan pengurus badan usaha.

Untuk pinjaman BJB KMU, batas maksimal pinjaman hingga Rp500 juta. Jangka waktu pengembaliannya yaitu maksimal 36 bulan bagi pinjaman di bawah Rp50juta, dan 60 bulan untuk pinjaman di atas Rp50 juta. Syarat pengajuannya adalah fotokopi KTP calon debitur dan pasangan (yang masih berlaku), fotokopi NPWP calon debitur dan pasangan, fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi Akta Nikah/Cerai/Kematian (jika ada), surat izin usaha (SKU/SIUP), dan dokumen kepemilikan jaminan.

Kredit BJB Mesra merupakan fasilitas pinjaman tanpa agunan, dengan plafon maksimal hingga Rp5 juta yang berlaku di wilayah Jabar dengan cara berkelompok. Pengembalian cicilan Kredit BJB Mesra dapat dilakukan dalam 6 bulan atau 12 bulan. Masyarakat yang berminat mengajukan pinjaman hanya perlu menyiapkan persyaratan berupa KTP, KK dan surat nikah bagi yang telah menikah, serta rekomendasi dari pengurus tempat ibadah setempat.

Pengajuan Kredit BJB Mesra dapat dilakukan dengan cara menghubungi pengurus ibadah terdekat. Nantinya, pengurus rumah ibadah akan menghubungi BJB untuk memberikan pinjaman modal. Warga yang berminat dapat mengajukan Kredit BJB Mesra dengan membentuk kelompok beranggotakan minimal lima orang, dan maksimal sepuluh orang. (*/wdy)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *