Hari Ini, Bencana Alam Super Besar Diprakirakan Melanda Bumi

  • Whatsapp

RADARSUKABUMI.com – Organisasi Meteorologi Dunia PBB yang mengurus cuaca, iklim, dan air atau WMO memberikan kabar mengejutkan kalau hari ini, Rabu 20 Mei 2020 bakal terjadi sebuah bencana alam super besar melanda bumi.

Bencana alam besar itu disebut WMO bakal melanda beberapa negara di dunia, seperti India dan Bangladesh. Bencana besar berupa angin Badai Super Siklon.

Read More

WMO secara resmi menyebutkan, Badai Super Siklon ini merupakan perubahan wujud dari Topan Tropis Amphan yang saat ini semakin intensif terjadi di Teluk Benggala.

Menurut WMO kekuatan Badai Super Siklon setara dengan Kategori 5. “Kategori 5 yang kuat pada Skala Saffir Simpson,” tulis WMO di situs resmi mereka, Selasa (19/5/2020).

WMO memperkirakan Badai Super Siklon mendarat pada Rabu 20 Mei sebagai badai siklon yang sangat parah atau setara dengan Kategori 3 yang kuat. “Membawa angin berbahaya, gelombang badai, dan banjir ke daerah pesisir Benggala Barat di India dan Bangladesh,” kata WMO.

Dan yang paling mengerikan, Badai Super Siklon Amphan berada di jalur untuk daerah padat penduduk. “Pada saat pembatasan karena pandemi COVID-19 mempersulit manajemen bencana dan membuatnya lebih diperlukan daripada sebelumnya,” kata WMO.

Dikonfirmasi terkait kabar bakal adanya badar super besar tersebut, Kepala Seksi Data dan Informasi Sta. Klim. Kelas I Bogor, Hadi Saputra membenarkan bakal adanya tropical siklonx di India, tapi bukan di Indonesia.

“Yang kena pengaruh tidak langsung di wilayah Sumatera, anginya lebih kencang dari biasanya, dan gelombang di Samudera Indonesia lebih tinggi,” ujarnya, Selasa (19/5/2020) malam.(pin/nt/izo/rs)

Related posts

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *