Miris, 36 Anak di Kabupaten Sukabumi Tertular HIV

  • Whatsapp
HIV/AIDS di Kabupaten Sukabumi

SUKABUMI – Kasus HIV/AIDS di Sukabumi semakin menggurita saja. Kini, tak hanya menyasar golongan rentan tertular, penyakit yang belum ada obatnya ini menular ke anak-anak.

Berdasarkan data yang dihimpun Radar Sukabumi, puluhan anak mulai dari usia balita sampai remaja di Kabupaten Sukabumi telah terjangkit penyakit Anak Dengan HIV.

Bacaan Lainnya

Data dari Kementerian Kesehatan, tahun 2019 adalah puncak dari kasus HIV di Indonesia dengan total kasus sebanyak 50.282. Tak hanya diderita oleh orang dewasa, anak-anak pun bisa terjangkit virus yang dibawa orang tuanya ini.

Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Sukabumi, Yani Jatnika Marwan kepada Radar Sukabumi mengatakan, berdasarkan data yang tercatat di P2TP2A Kabupaten Sukabumi, sepanjang Oktober 2021 terdapat sekitar 36 anak-anak yang telah terjangkit HIV.

“Saya sangat prihatin karena puluhan anak-anak itu, telah tertular penyakit HIV dari orangtuanya,” kata Yani kepada Radar Sukabumi pada Rabu (24/11).

Dari 36 ini, sebagian besar penyitas HIV ini tinggal dengan sodara atau neneknya. Lantaran, ibu kandungnya sudah meninggal.

“Anak dengan HIV harus selalu minum obat ARV, sehingga peran pendamping sangat diperlukan. Karena melalui merekalah obat itu bisa sampai dan diminum penderita,” paparnya.

Pihaknya menambahkan, puluhan anak-anak dengan HIV ini, perlu uluran tangan pemerintah dan kepedulian masyarakat sekitar akan kelangsungan hidupnya.

“Iya, paling tidak dalam pengadaan makanan yang bergizi. Semoga tidak ada lagi kasus yang baru di wilayah Kabupaten Sukabumi ini,” harap istri Bupati Sukabumi ini.

Sementara itu, Marketing Komunikasi (Markom) Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Sukabumi, Hendra mengatakan, pihaknya mengaku bahwa lembaga yang bergerak dalam bidang sosial ini, kerap membantu anak-anak yang tertular penyakit HIV dari orangtuanya.

“Kami dari ACT bersama Bu Yani sering mendristribusikan bantuan kepada anak penyitas HIV ini. Dan beberapa kecamatan yang pernah kami distribusikan bantuan diantaranya berada di wilayah Kecamatan Cisaat, Sukabumi, Ciracap dan Kecamatan Surade,” katanya.

Dari 47 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Sukabumi, puluhan anak-anak penyitas HIV itu, berada di wilayah Kecamatan Sukaraja, Sukabumi, Cisaat, Simpenan, Kebonpedes, Sagaranten, Nyalindung, Caringin, Jampangtengah, Sukalarang, Kabandungan, Curugkembar, Bojonggenteng, Parungkuda, Surade, Nagrak, Ciemas, Cimanggu dan Kecamatan Ciracap.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *