BERITA UTAMAEKONOMI

Genjot Perekonomian Desa, Menteri Rini Hadirkan BUMN Shop

Sementara itu, Corporate Secretary BNI Kiryanto menuturkan,dalam BUMN Shop ini BNI berperan menyediakan berbagai layanan transaksi keuangan melalui Agen46 yang telah ditanamkan dalam BUMDes yang menjadi BUMN Shop.

Agen46 dapat melayani berbagai macam transaksi keuangan antara lain Buka Rekening, Tarik/Setor Tunai dan pembayaran berbagai macam tagihan seperti PDAM, PLN, BPJS dan lain-lain. Agen46 juga dapat menerima pengajuan aplikasi pinjaman KUR.

Kemudian BULOG menjual produk seperti BerasKita, MinyakKita dan GulaKita. Apabila terdapat kebutuhan pupuk, maka Pupuk Indonesia Holding menjual berbagai macam pupuk untuk kebutuhan petani.

Menurutnya, BUMN Shop hadir untuk menawarkan solusi pemenuhan kebutuhan utama masyarakat. Di dalam BUMN Shop ini terdapat enam BUMN yang menawarkan produk dan jasanya, yaitu Pertamina dengan Pertashop – nya yang menjual BBM, Oli, dan Gas LPG. Kemudian BULOG menjual produk seperti BerasKita, MinyakKita dan GulaKita.

Apabila terdapat kebutuhan pupuk, maka Pupuk Indonesia Holding menjual berbagai macam pupuk untuk kebutuhan petani. Telkom Indonesia tidak ketinggalan menyediakan Wifi Corner yang dapat memfasilitasi kebutuhan telekomunikasi digital. PT PPI menyediakan layanan pengantaran layanan online.

Kiryanto sendiri menilai Terobosan yang didukung oleh Kementerian BUMN serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan cara membentuk BUMDes terlebih dahulu. Sesuai namanya, BUMN Shop merupakan etalase produk-produk barang dan jasa yang dihasilkan oleh BUMN di desa.

“Tentunya disini Salah satu BUMDes yang paling awal dirintis menjadi BUMN Shop adalah BUMDes yang dikelola PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) sebagai Agen46, yaitu BUMDes Terus Jaya Sehati.

FOTO :widi/radarsukabumi

Menteri BUMN RI Rini Soemarno menyempatkan diri mengunjungi BUMDes Terus Jaya Sehati ini Desa Sukajaya, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi,” tutupnya. (wdy)

Laman sebelumnya 1 2
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button