VTB Universitas Nusa Putra Serahkan Bantuan dan Terjunkan Relawan ke Lokasi Banjir Jabodetabek

Ketua VTB, Utis menyerahkan secara simbolis bantuan kepada petugas BPBD Kabupaten Bekasi

RARARSUKABUMI.com – Volunteer Tanggap Bencana (VTB) Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi serahkan bantuan untuk korban bencana banjir Jabodetabek dan Lebak, Banten melalui BPBD Kabupaten Bekasi, Senin (6/1).

Bantuan berupa air mineral, mie instan, beras dan minyak goreng tersebut diserahkan oleh Ketua VTB, Utis dan diterima langsung petugas BPBD Kabupaten Bekasi di posko siaga darurat bencana BPBD Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah hari ini kami bisa serahkan bantuan dari masyarakat, mahasiswa dan dosen NPU  Sukabumi yang terkumpul melalui penggalangan dana yang dilakukan oleh VTB, BEM dan Himpunan  Mahasiswa Sipil (HMS) NPU Sukabumi,” kata Utis kepada Radarsukabumi.com melalui pesan  whatsapp.

Menurut Utis, sebelum bantuan diserahkan langsung ke BPBD Kabupaten Bekasi, pihaknya telah  berkoordinasi terlebih dahulu dengan BPBD Kabupaten Sukabumi. Penyalurannya, lanjut Utis diurus langsung oleh BPBD Kabupaten Sukabumi.

“Tapi karena kami juga akan terjun langsung ke salah satu lokasi terdampak banjir, maka serah terimanya langsung oleh kami. Untuk lokasi penyalurannya, BPBD Kabupaten Bekasi yang menentukan dan mengurusnya,” terang Utis.

Setelah penyerahan bantuan, Utis bersama humas VTB langsung bergabung dengan relawan lainnya  di Desa Buni Bakti Kecamatan Babelan, salah satu lokasi terdampak banjir di Kabupaten Bekasi.

Utis mengatakan keadaan air banjir di Buni Bakti saat ini sudah surut, tinggal dilakukan pembersihan. Namun menurutnya, para relawan dilokasi masih tetap waspada karena hujan masih turun, dikhawatirkan akan terjadi banjir lagi.

“Dampak banjir di Desa Buni Bakti tidak sampai mengakibatkan kerusakan berat, akan tetapi rumah terendam seukuran paha anak dewasa, sekarang sudah surut airnya,” kata Utis

“Semoga masyarakat yang terkena bencana disini selalu di berikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi penderitaan nya,” imbuhnya.

Selain bantuan sembako, Senin sore (6/1), enam relawan VTB juga berangkat dari Kampus NPU Sukabumi menuju salah satu lokasi banjir di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Keenam volunteer dilepas oleh Staf Wakil Rektor III Bidang Kemawasiswaan, Gia Yosef Gunawan. Menurut Gia, keenam volenteer akan bergabung dengan relawan lainnya di lokasi terdampak banjir sampai hari Rabu (8/1).

“Hari kamisnya mereka punya jadwal kuliah, jadi selama dua hari disana mereka akan fokus membantu membersihkan lokasi pasca banjir,” kata Gia.

Mewakili NPU Sukabumi, Gia sangat berharap para volunteer dari VTB mampu memberikan bantuan  tenaga dan pengalamannya secara optimal untuk para korban banjir.

“Mudah-mudahan, sikap kesiapsiagaan mereka selama ini mampu membantu dan meringankan saudara-saudara kita yang sedang  mengalami musihab akibat banjir,” tandas Gia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *