RKH Nahkodai Karang Taruna

Ketua Karang Taruna terpilih periode 2020-2025, Raden Kusumo Hutaripto saat dikukuhkan oleh perwakilan Karang Taruna Provinsi Jawa Barat. ARDI/RADAR SUKABUMI

KOTA SUKABUMI — Raden Kusumo Hutaripto (RKH) resmi menukangi Karang Taruna Kota Sukabumi periode 2020-2025. Ia terpilih secara aklamasi mengganti ketua sebelumnya, Irwan Setiawan atau yang akrab disapa Iwong pada Temu Karya Karang Taruna ke III di Offroom Setda Kota Sukabumi,  (12/1).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi, Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Barat Subchan Daragana, dan Ketua KNPI Kota Sukabumi Melan Maulana yang juga anggota DPRD Kota Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatannya, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi meminta keterpilihan ketua baru ini bisa bersinergi dengan pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan di Kota Sukabumi. Fahmi mengatakan Karang Taruna menjadi bagian tidak terpisahkan dalam membangun Sukabumi ke arah lebih baik.

“Semoga Temu Karya ini bisa melahirkan pemimpin Karang Taruna yang berkepribadian, berpengetahuan, dan terampil.

Menurut Fahmi, peran elemen masyarakat khususnya di era dynamic government tidak bisa hanya dilakukan pemerintah. Sebab dynamic government adalah gaya kepemimpinan yang mendorong kolaborasi, tidak hanya pemerintah sebagai subyek tetapi berbagi kemitraan atau bekerja bersama dalam pembangunan.

“Sesuai konsep pentahelix yakni akademisi, bisnis, community, government, dan media (ABCGM). Semua unsur terliibat termasuk didalamnya karang taruna. Apalagi sejatinya karang taruna harus terlibat aktif dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan sesuai ranah dan kompetensinya,” terangnya.

“Mari kita lakukan pembenahan kota untuk semakin memperkuat pemuda dalam pembangunan dan karang taruna Sukabumi menampilkan kontribusi nyata pada pembangunan,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Barat Subchan Daragana support menambahkan, perhatian pada pemuda merupakan ciri akan menjadi perubahan terjadi di kota.” Kami memberikan apresiasi kepada pemkot yang sudah mendukung keberadaan Karang Taruna,” kata dia.

Sementara itu, ketua terpilih periode 2020-2025, Raden Kusumo Hutaripto (RKH) atau yang akrab disapa Kang Ari mengatakan, dalam waktu dekat ini akan segera menyusun bersama tim formatur untuk membentuk kepengurusan serta melakukan konsolidasi dengan Karang Taruna tingkat kelurahan.

“Karena dari 33 Kelurahan ada sejumlah kelurahan yang belum aktif, sehingga akan dihidupkan kembali,” ujar Kang Ari kepada awak media disela-sela pelantikan.

Tidak hanya itu, pihaknya pun memiliki agenda besar untuk kembali menghidupkan Karang Taruna di Kota Sukabumi, diantaranya mengembangkan potensi pemuda dan mengadakan kegiatan sosial pencegahan maupun penanggulangan berbagai persoalan di masyarakat.

“Kita arahan pemuda untuk kreatif wirausaha yang mana pemerintah daerah sudah menggalakan Sukabumi Kece. Dan Insya Allah kita pun akan gerakan pemuda di kelurahan dengan memanfaatkan dana kelurahan,” pungkasnya. (cr1/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *