Polres Bogor Kota Tanam 2.508 Pohon

Polresta Bogor Kota Tanam 2.508 Pohon bekerjasama dengan Pemkot dan DPRD Kota Bogor (ist)

BOGOR – Gerakan menanam sejuta pohon dilakukan Polresta Bogor Kota berkerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Penanaman pohon sendiri dilakukan di kawasan Tahah Sareal, Kota Bogor, Jumat (10/01/2020).

Bacaan Lainnya

Wakapolresta Bogor Kota, AKBP M Arsal Sahban, mengatakan kegiatan penanaman pohon dilakukan serentak hari ini se-Indonesia.

Gerakan penghijauan yang digagas oleh kapolri ini ditindaklanjuti dengan menanam 2.508 pohon berbagai jenis di wilayah Bogor Kota.

“Adapun lokasi penanaman pohon tersebar di area kantor-kantor polisi, asrama polisi, dan lahan-lahan yang membutuhkan ditanami pohon, seperti yang kita lakukan di tempat ini,” ujar Putra Makassar ini.

Arsal menjelaskan bahwa penanaman pohon sangat penting karena memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat.

Bukan saja memiliki manfaat estetis atau keindahan, tapi juga memiliki manfaat orologis yaitu akar pohon dan tanah merupakan satu kesatuan yang kuat.

Sehingga mampu mencegah erosi atau pengikisan tanah, selain itu juga memiliki manfaat hidrologis karena tanaman pada dasarnya akan menyerap air hujan.

Pohon juga memiliki manfaat Klimatologis karena dengan banyaknya pohon, akan menurunkan suhu setempat, sehingga udara sekitarnya akan menjadi sejuk dan nyaman.

Dan tak kalah pentingnya, pohon juga memiliki manfaat hygienis, karena sudah menjadi sifat pohon pada siang hari menghasilkan O2 (oksigen) yang sangat di perlukan oleh manusia.

Dan sebaliknya dapat menyerap CO2 (karbondioksida) yaitu udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran.

“Jadi secara hygienis, pohon sangat berguna bagi kehidupan manusia, ” tutup Arsal.

(adi/pojokbogor)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *