Longsor Terjang Gunungpuyuh, Rumah Warga Ciseureuh Hancur

Longsor di kampung Cisereuh rt004/001 Kelurahan Karangtengh, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota sukabumi akibat meluapnya air sungai karena hujan deras, satu rumah hancur, Rabu (01/01/2020)

GUNUNGPUYUH – Pasangan suami istri lanjut usia di Kampung Ciseureuh, RT 4/1, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh terpaksa diungsikan. Lantaran, rumah yang dihuni Oib (75) dan Juarsih tertimbun longsor hingga rusak parah.

Informasi yang di dapat Radar Sukabumi, peristiwa itu terjadi pada pukul 12:15 WIB, rumah permanen berukuran 12 meter persegi itu hancur tergerus longsor hinigga mengakibatkan sebagian besar rumah ancur.

Bacaan Lainnya

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain mengungkapkan, longsor yang disertai luapan air awalnya terjadi pada malam hari namun tidak begitu berdampak besar, namun pada siang harinya longsor kembali terjadi sehingga rumah yang dihuni lansia itu roboh.

“Ya, kejadiannya sekitar pukul 12:15 WIB, tapi sebelumnya ada longsoran awal namun tidak parah. Rumah pyang di isi dua jiwa itu sebagian besar hancur dan terpaksa penghuni diungsikan,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, Rabu (1/1)

Dalam kejadian itu, lanjut Zul, tidak ada korban jiwa karena penghuni berhasil menyelamatkan diri. Namun, kerugian akibat peristiwa itu diperkirakan mencapi Rp 15 juta. Adapun bagian rumah yang paling rusak yakni kamar tidur.

“Tidak ada korban jiwa ataupun luka, hanya saja memang kerugian mencapai Rp 15 juta. Sebagian besar rumah ancur tegerus material longsoran,” sebut Zul.

Tindakan sementrara yang diambil oleh BPBD dan petugas gabungan lainnya yakni membersihkan material longsoran dan membersihkan aliran sungai di sekitar lokasi kejadian. BPBD menghimbau, agar masyarakat tetap waspada karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

“Material longsoran sudah kami bersihkan, langkah selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan berbagai pihak. Warga kami minta tetap waspada,” pungkasnya. (upi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *