Bantu Warga Melalui Ibun dan Udunan Online

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi saat membuka acara kegiatan bhakti sosial Infaq Bulanan (Ibun) Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).

CITAMIANG – Walikota Sukabumi Achmad Fahmi membuka secara resmi kegiatan bhakti sosial Infaq Bulanan (Ibun) Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Kantor Kelurahan Gedong Panjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Rabu (15/1).

Gerakan kemanusiaan ini untuk membantu warga kurang mampu yang dananya berasal dari anggota PSM yang menyisihkan insentif yang diterimanya.

Bacaan Lainnya

Penyaluran bantuan dari program Ibun ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya dilakukan di Kelurahan/Kecamatan Warudoyong pada 11 September 2019 lalu. ” Berkumpulnya kita dalam rangka mensukseskan gerakan yang dicanangkan dan diikrarkan oleh PSM,” ujar Walikota Sukabumi Achmad Fahmi.

Di mana anggota PSM menyisihkan insentif yang didapatkan untuk membantu warga yang perlu mendapatkan dukungan. Sebab pemda memiliki keterbatasan anggaran, kewenangan dan lainnya sehingga tidak mungkin hanya bisa dituntaskan oleh pemerintah dan DPRD.

” Oleh karenanya butuh semangat kolaborasi dan kebersamaan. Di mana warga yang memiliki kelebihan silahkan memberikan dukungan kepada warga yang membutuhkan dukungan,” katanya.

Kota Sukabumi kata Fahmi sebelumnya meluncurkan program udunan online. Salah satu program berbasiskan teknologi gadget untuk memberikan donasi cukup melalui gadget. Lurah dan camat bisa sosialisasikan dan unduh aplikasinya.

Dalam program ini apa yang akan didonasikan dan kepada siapa silahkan liat menu di aplikasi. Intinya kata Fahmi, penggalangan bantuan ini ada yang manual seperti PSM dan belum berbasiskan teknologi dari penggalangan dana apakah uang atau sembako.

” Adanya dua tipe ini mendukung percepatan baik teknologi maupun manual, namun tentu ini belum menuntaskan masalah yang ada,” jelasnya.

Meskipun demikian yang dibutukan bukan nilai, tapi menggerakkan pihak lain mampu mencontoh apa yang dilakukan PSM memberikan inspirasi bagi pemda dan DPRD. ” Khususnya memberikan dukungan dan sukseskan program baik PSM dan TKSK karena tidak akan maksimal kalau tidak didukung oleh pemerintah,” pungkasnya. (bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *