Puluhan Makam Tergerus Longsor di Pasir Putih

ongsor di Kelurahan Pasir Putih, Depok./Foto: Istimewa

DEPOK – Longsor terjadi di Kota Depok lantaran hujan yang mengguyur wilayah tersebut.

Salah satunya di Jalan Usman Bontong, Kelurahan Pasir Putih, Sawangan.

Bacaan Lainnya

Selain berpotensi memutuskan akses jalan, longsor turut menggerus 26 makam masyarakat.

Ketua RW2 Pasir Putih, Rojih mengatakan, beberapa waktu lalu sebelum terjadi longsor, ia bersama dengan pengurus LPM telah melakukan peninjauan disekitar lokasi longsor.

Saat itu pihaknya tengah melakukan pemantauan lokasi turap.

Namun, Minggu (30/12), di sekitar lokasi tersebut terjadi longsor akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Pasir Putih.

“Sekitar 20 lebih makam yang terkena longsor namun kami masih melakukan pengecekan,” ujar pria yang kerap disapa Gareng ini kepada Radar Depok (Pojokjabar.com group).

Gareng menjelaskan, lokasi longsor tersebut hampir memutus Jalan Usman Bontang namun telah dilakukan penindaklanjutan kembali.

Gareng memperkirakan, longsor di Jalan Usman Bontang memiliki kedalaman lima meter dan panjang longsor mencapai 10 meter.

Lokasi longsor berdekatan langsung dengan Kali Pesanggrahan yang menjadi perbatasan antara Kecamatan Sawangan dengan Kecamatan Cipayung dan Kecamatan Pancoranmas.

Sementara itu, Babinsa Pasir Putih, Serma Andi Saputra menuturkan, masyarakat yang ingin melintas di Jalan Usman Bontong diharapkan dapat menggunakan jalan alternatif lainnya.

Hal itu dikarenakan, ujar dia, longsor berdekatan langsung dengan Kali Pesanggrahan. Selain juga, guna mencegah terjadinya longsor susulan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *