FeaturedKOTA SUKABUMI

Mengenal Purwanto, Rawat Tiga Anak, Istri Kanker Stadium Empat

Lelaki Setia Asal Cijangkarwetan Kecamatan Cikole

SUKABUMI – Katanya, sekarang ini makin susah mencari lelaki setia. Sebagian besar lelaki dicap mudah bosan lalu pindah ke lain hati. Tapi jangan salah, Lelaki satu ini beda dari yang lainnya. Yakni, Purwanto (36) warga Kampung Cijangkarwetan Gang Setuju 2 RT 03/06 Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole.

Lupi Pajar Hermawan, Radar Sukabumi

Kisah haru sekaligus datang dari keluarga Purwanto (36) Tati Sujiawati (37), warga Kampung Cijangkarwetan Gang Setuju 2 RT 03/06 Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole.

Loading...

Kurun waktu satu tahun ini, Purwanto merawat istri yang mengidap tumor yang sudah stadium empat. Tidak hanya itu, Purwanto juga merawat ketiga buah hatinya. Yakni, Febrian Putra Pratama (10) yang duduk di bangku kelas 5 Sekolah Dasar (SD), Nova Dwiyanto Pratama (6) duduk di Paud dan Tiara Rizkiana Putri (3).

Purwanto menceritakan awal mula istri tercintanya itu mengidap penyakit kanker, mulanya istrinya terdeteksi mengalami sakit itu setelah melahirkan anak keduanya pada tahun 2013 silam, saat mereka masih tinggal di Bandung.

Kala itu, Tati mengalami benjolan di area rahang tapi tidak terlalu dihiraukan karena dirasa tidak mengganggu. “Semua berawal saat 2013 lalu, dan mulai parahnya sekitar enam bulan kebelakang sampai-sampai berat badan istri saya dari 50 kilogram ke 24 kilogram,” cerita Purwanto, kemarin (6/12).

Upaya pengobatan, lanjut Purwanto, sudah dilakukan, khususnya pengobatan herbal. Namun setelah istri bersedia menjalani pengobatan dengan metode biopsi, kanker maskila pada istri sudah membesar. “Awalnya Tati menolak dan memilih untuk melakukan pengobatan herbal. Tapi sayangnya, benjolan dalam rahang Tati semakin membesar,” ujarnya.

Setelah 2017, kondisi ekonomi keluarga Purwanto menyusut usia keluar dari PT Sayap Mas Utama, yang mengakibatkan pengobatan sang istri tidak ditanggung oleh BPJS ketenagarkerjaan. “Kami dulu di Bandung, setelah keluar kerja ke Purwekerto, dan akhirnya ke Sukabumi jual beli telepon genggam,” ujarnya.

Dari hasil jual beli hand phone lah, saat ini Purwanto menghidupi ketiga anak dan istrinya. Menurutnya, apa yang dijalaninya ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan.

“Sementara untuk pengobatan sang istri, saat ini Tati tengah menjalani perawatan di RSUD Syamsudin SH dengan pembiayaan yang ditanggung BPJS Kesehatan dan juga melalui program kesehatan Pemerintah Kota Sukabumi, Homecare. Hanya saja, saya harus membagi waktu untuk merawat anak istri dan mencari nafkah,” pungkasnya. (*)

Loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button