Kecamatan Cibadak Bangun SAB dan Konsep Permukiman Berbasis Kawasan

Kecamatan Cibadak Permukiman Berbasis Kawasan
Camat Cibadak, Drs Lesto Rosadi saat meninjau Konsep Permukiman Berbasis Kawasan di Desa Batununggal.

SUKABUMI – Realisasi bantuan P3K di Kecamatan Cibadak dimanfaatkan untuk mewujudkan pembangunan Sarana Air Bersih dan Konsep Pemukiman Berbasis Kawasan.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Bacaan Lainnya

Camat Cibadak, Drs Lesto Rosadi yang diwakili Kasi Sarana Prasarana Dedi Junaedi, SH menerangkan realisasi bantuan P3K pada 2019 di Kecamatan Cibadak diwujudkan terealisasi atas usulan Musrenbang pada 2018.

Apa bentuknya?

Ia menyebutkan ada dua jenis kegiatan pembangunan, yang pertama merealisasikan pembangunan Sarana Air Bersih (SAB) di Kelurahan Cibadak, imbuhnya, berupa bak penampungan air (reservoir) sebanyak dua unit untuk satu titik di wilayah Kelurahan Cibadak yang menurutnya dengan menggunakan sistem pipanisasi HDPE sepanjang sekitar 1,5 Kilometer.

Lokasi sumber airnya di Kampung Gandaspati.

Menurut kasi manfaatnya untuk membantu sebanyak sekitar 75 kepala keluarga untuk kebutuhan air bersih warga di RT 05 RW 20.

“Pembangunan SAB saat ini tinggal penyelesaian/finishing,”katanya.

Sementara itu, bantuan P3K di Kecamatan Cibadak juga dimanfaatkan untuk merealisasikan Konsep Pemukiman Berbasis Kawasan di Desa Batununggal.

Menurutnya, pada Konsep Pemukiman Berbasis Kawasan fasilitas yang dibantu dari bantuan P3K antara lain, untuk membangun jogging track, area parkir untuk roda dua dan empat, food court, dua pintu MCK, lima titik PJU, RTH yang dilengkapi empat permainan anak.

Sedangkan, imbuhnya, untuk Gedung Serbaguna rencananya dibiayai dari Disbudpora, kemudian juga direncanakan bangun waterboom dan kolam renang yang katanya menunggu dari pihak ketiga, dan lesehan yang diserahkan ke pihak desa.

Saat ini menurutnya juga menunggu penyelesaian/finishing dan untuk jogging track menunggu masuknya alat berat.

“Mudah-mudahan akhir Desember nanti bisa terwujud atau selesai dikerjakan,” katanya yang juga menambahkan untuk pelaksananya adalah Pokmas Permata Hati.

Dirinya optimis dengan terwujudnya Konsep Permukiman Berbasis Kawasan di Batununggal akan mendukung potensi wisata lokal termasuk Gunung Salat juga mendukung berkembangnya potensi masyarakat Cibadak khususnya perekonomian masyarakat. (*)

Daerah Berpotensi Pertanian, Perdagangan dan Jasa, Perkantoran, Lembaga Pendidikan, dan Industri Besar

Camat Cibadak Drs Lesto Rosadi
Camat Cibadak Drs Lesto Rosadi

Kecamatan Cibadak memiliki sembilan desa dan satu kelurahan. Kesembilan desa tersebut adalah Desa Sekarwangi, Karang Tengah, Batununggal, Ciheulang Tonggoh, Tenjo Jaya, Pamuruyan, Warnajati, Sukasirna, Neglasari dan satu Kelurahan Cibadak.

Ragam potensi Kecamatan Cibadak menurut Kasi Sarana Prasarana, Dedi Junaedi, SH yang mewakili Camat Cibadak Drs Lesto Rosadi di antaranya potensi pertanian padi,sayur mayur, dan palawija ada di Desa Ciheulang Tonggoh, juga komoditi ubi biru di Desa Tenjojaya, lalu ada potensi perdagangan dan jasa ada di wilayah Kelurahan Cibadak.

Beberapa produk dagang dan jasa ada di sepanjang jalur Jalan Raya Cibadak di sana juga berdiri Pasar Cibadak yang berdiri kios kios menjual beragam kebutuhan warga. Di Kelurahan Cibadak juga terdapat RSUD Sekarwangi untuk melayani kesehatan masyarakat.

Juga memiliki rumah sakit swasta.

Di Kelurahan Cibadak, yakni sepanjang Jalan Raya Cibadak-Sukabumi juga berdiri perkantoran, seperti kantor Kelurahan dan Kecamatan Cibadak.

Selain itu berdiri sejumlah lembaga pendidikan, berdiri berbagai unit perbankan. Potensi lainnya berdiri sejumlah potensi industri besar seperti ada di Desa Batununggal, Sekarwangi, dan Karang Tengah. (dit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *