Diterjang Longsor , Tembok Rumah Iwan Jebol

Sejumlah petugas BPBD Kabupaten Sukabumi dan pemerintah setempat saat melakukan evakuasi longsor di Kampung Sekarwangi, Kelurahan/Kecamatan Ciabadak.

CIBADAK — Satu rumah di Kampung Sekarwangi RT4/28, Kelurahan/Kecamatan Ciabadak, rusak akibat diterjang lonsor pada Rabu, (4/12) lalu. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun selain merusak rumah longsor juga menutup akses jalan lingkungan.

Dari informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, insiden terjadi sekira pukul 17:00WIB ketika daerah tersebut tengah diguyur hujan tersebut. “Saat itu saya melihat air keluar dari sela-sela tebing pembatas jalan, karena khawatir longsor kemudian saya berteriak kepada keluarga agar segera keluar dari rumah.

Bacaan Lainnya

Benar saja, tidak lama kemudian terjadi longsor dan membuat tembok rumah jebol. Alhamdulillah, semua keluarga selamat,” kata korban, Iwan Sulaiman kepada wartawan, Kamis(5/12).

Iwan mengaku, sudah mendapatkan bantuan berupa material bangunan untuk kembali membangun rumahnya tersebut. “Alhamdulillah saat ini sudah ada bantuan material bangunan dari BPBD,” ucapnya.

Sementara itu, Tenaga Kesejahtraan Sosial Kecamatan (TKSK) Cibadak, Fredy mengatakan, setelah mendapatkan informasi terjadi bencana longsor petuga langsung terjun kelokasi kejadian untuk melakukan evakuasi dan mendata bantuan apa saja yang dibutuhkan korban.

“Rumah ini di tempati 1 KK dan 7 jiwa, alhamdulillah semuanya selamat tidak ada korban jiwa maupun luka,” ujarnya.

Saat itu juga, lanjut Fredy, TKSK Cibadak langsung melaporkan kejadian tersebut kepada BPBD Kabupaten Sukabumi agar segera ditengani dan memberikan bantuan.

“BPBD sudah memberikan bantuan berupa bahan material seperti, 500 genteng, 10 balok, 18 kaso, 5 kilogram paku dan 4 triplek. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini bisa bermanfaat untuk korban bencana ini,” paparnya.

Pihaknya menghimbau, masyarakat agar waspada terhadap potensi bencana alam. Terlebih saat ini memasuki musim hujan dimana rentan terjadi banjir, longosor, angin kencang dan bencana alam lainya.

“Apabila terjadi bencana serupa diminta masyarakat segera melaporkannya kepada pemerintah setempat agar segera bisa ditangani,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *