KOTA SUKABUMI

Dana Dua Juta Dolar AS untuk Kawasan Kumuh di Kota Sukabumi

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Kota Sukabumi adalah satu-satunya daerah di Jawa Barat yang mendapatkan dana program Neighborhood Upgrading and Shelter Project Phase 2 (NUSP-2) periode 2015-2019. Bantuan tersebut berasal dari Asian Development Bank dengan nilai 2 Juta Dolar AS.

“Dana tersebut merupakan dana hibah dari ADB,” kata Direktur Pengembangan Kawasan Pemukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Didiet Arief Akhdiat, Jumat (6/12/2019)

Dia mengatakan, NUSP 2 merupakan program kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah. Program tersebut terbagi menjadi tiga bagian yaitu pembangunan infrastruktur, training dan workshop, serta technical asistant.

Loading...

Tujuan program tersebut adalah melakukan penataan pada kawasan kumuh di daerah.

“Untuk pembangunan infrastruktur, itu dilakukan sepenuhnya oleh Pemda, karena kan mereka yang tau kondisi daerahnya seperti apa. Sementara dua poin lainnya oleh pemerintah pusat,” tutur Didiet.

Didiet mengatakan, program tersebut akan diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan. “Kami juga tentu akan melaporkan penggunaan dana ke ADB,” ujarnya.

Meski demikian, Kementrian PUPR sampai saat ini belum berencana untuk menyiapkan prigram NUSP tahap tiga.

“Kami sekarang ada program lain yaitu Kotaku. Itu lebuh fokus pada penataan kawasan kumuh,” ujarnya.

(PR/izo/rs)

Loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button