Bupati Minta Responsif dan Mendeteksi Dini Bencana

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami saat memberikan penghargaan kepada sejumlah peserta di Gedung Yon Armed 13 Cikembang, Kecamatan Cikembar, (20/12).(FT: IST)

CIKEMBAR — Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, menggelar pelatihan dasar petugas penanggulangan bencana di Yon Armed 13/Nanggala Cikembang, Kecamatan Cikembar, kemarin (20/12).

Panitia kegiatan, Asep Suherman mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas petugas penanggulangan bencana.

Bacaan Lainnya

“Terdapat 60 peserta yang mengikuti kegiatan saat ini. Pelatihan berlangsung sejak 16 sampai 20 Desember 2019,” kata Asep, kemarin (20/12).

Dilaksanakannya kegiatan ini, sambung Asep, untuk memberikan kemampuan dasar pengenalan alat dalam evakuasi korban bencana, pengetahuan kedaruratan dan logistik dalam penanganan darurat bencana di Kabupaten Sukabumi.

“Dengan terselenggaranya pelatihan ini diharapkan kapasitas dan kapabilitas petugas dapat lebih mengingkat,” ujarnya.

Di tempat sama, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menuturkan, latihan dasar penanganan kedaruratan kebencanaan merupakan upaya menyiapkan sumberdaya manusia yang terampil dalam penanganan bencana dan memberikan kontribusi untuk masyarakat.

“Untuk itu, selama mengikuti kegiatan telah mendapatkan ilmu dan wawasan sebagai bekal untuk membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan penanggulangan bencana secara terpadu,” tuturnya.

Marwan mengingatkan, fakta dan situasi aktual dilapangan memiliki dinamika dan karakteristik yang berbeda sehingga koordinasi antara unsur terkait perlu dilakukan.

“Sebab itu, harus memiliki responsivitas tinggi dan mampu mendeteksi sedini mungkin segala kemungkinan terjadinya bencana,” imbuhnya.

Marwan berharap, seluruh peserta latihan dasar petugas penanggulangan bencana dapat menjadi andalan di tengah masyarakat dalam penanganan bencana.

“Selain itu juga harus mampu meminimalisir dampak dari sebuah bencana yang tentunya tidak kita inginkan,” pungkasnya. (bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *