RS Betha Medika

Berat Badan Berlebih

Oleh : Dr. Lusiana
Kepala Bidang Penunjang Medis RS Betha Medika

Kegemukan alias obesitas adalah penumpukkan lemak yang tidak normal atau berlebihan di dalam tubuh. Kondisi ini jika dibiarkan terus menerus dapat memengaruhi kesehatan penderitanya. Kondisi ini tidak hanya berdampak pada penampilan fisik, tetapi juga meningkatkan risiko dalam kesehatan seperti sesak nafas, sleep apnea, dan cepat lelah.

Obesitas dan berat badan berlebih (overweight) merupakan dua konsep yang berbeda. Overweight adalah kondisi di mana terdapat kenaikan berat badan berlebih. Mengukur BMI adalah cara yang paling sering digunakan karena cukup mudah untuk dilakukan.

Loading...

Perhitungan BMI ini menggunakan berat badan dan tinggi badan. Rumus dari perhitungan BMI adalah :

BMI = berat badan (kg) / (tinggi (m) x tinggi (m))

Orang-orang dengan BMI lebih besar dari 25 dapat dikategorikan sebagai overweight, pada 30 atau lebih termasuk ke dalam obesitas, dan pada 40 ke atas merupakan tingkat obesitas yang serius.

Ada beberapa kebiasaan sepele yang bisa memicu kegemukan, yaitu :

  1. Tidur terlalu sedikit atau bahkan tidur terlalu banyak, karena saat kita tidur lebih dari 10 jam dapat memicu peningkatan indeks massa tubuh, sedangkan tidur terlalu sedikit maka tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat memicu napsu makan, maka dari itu para pakar kesehatan selalu menyarankan untuk tidur 7-9 jam sehari.
  2. Malas kena matahari pagi, menurut penelitian dibuktikan bahwa gelombang cahaya biru (blue light wave) dari sinar matahari pagi efektif untuk meningkatkan metabolisme dan membantumu terjaga. Hanya berjemur di matahari pagi selama 20 menit sehari sudah cukup memengaruhi indeks massa tubuhmu.
  3. Melewati sarapan pagi,
  4. Langsung tidur setelah makan kenyang, Kebiasaan ini dapat menyebabkan masalah pencernaan dan penumpukan lemak.
  5. Melewati makan malam, idealnya kamu tetap makan malam namun tidak terlalu larut atau dekat waktu tidur dan juga menyantap makanan rendah karbohidrat dan lemak.
  6. Makan malam dengan sereal, gorengan atau makanan pedas, karena ketiga jenis makanan di atas dapat membuat tidurmu tidak nyenyak, mengandung terlalu banyak lemak atau energi yang gak akan terbakar saat kamu tidur.
  7. Menyantap pencuci mulut yang manis di malam hari, usahakan tidak makan di malam hari karena gula dan karbohidratnya dapat berubah menjadi tumpukan lemak di tubuh. Dan juga gak bisa membakar kalori dalam jumlah besar yang terkandung dalam pencuci mulut tersebut.

Menjaga pola makan yang seimbang,dan olah raga adalah jalan terbaik untuk mengurangi berat badan dan menjaga kesehatan.

Anda dapat berkonsultasi pada ahli gizi untuk mengukur kadar kalori yang bisa Anda konsumsi setiap hari. Dalam sesi konsultasi, biasanya dokter atau ahli gizi kesehatan dapat memberitahu informasi tentang:
• Bagaimana memilih makanan sehat
• Memilih kudapan yang sehat
• Cara membaca kandungan nutrisi sebelum mengonsumsinya
• Cara sehat memproses makanan
• Mengatur pola makan

Dari penjelasan di atas, mungkin terdapat gejala-gejala obesitas yang tidak disebutkan. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang efek sampingnya, silakan berkonsultasi pada dokter, dan ahli gizi kami untuk mengatur kadar kalori.

Semoga Artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk share informasi kesehatan ini kepada kerabat dan keluarga dirumah yaaa Salam Semakin Sehat, Dari kami keluarga besar RS Betha Medika.(*)

Loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button