Dorong UKM Pasarkan Produk di Toko Modern

Kasie Distribusi Tertib Niaga DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Iwan Wirawan menyambangi salah satu toko, belum lama ini.

SUKABUMI — Dinas Perdagangan, Komperasi dan Usaha Kecil Menangah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi, berupaya mendongkrak kemajuan para pelaku usaha, dengan cara memfasilitasi pemasaran produknya agar masuk di setiap toko modern atau mal.

Kasie Distribusi Tertib Niaga DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Iwan Wirawan mengatakan, saat ini sudah ada 12 produk dari 11 UKM yang sudah dipasarkan di toko modern.
“Alhamdulillah saat ini sudah ada 12 produk yang dipasarkan di toko modern seperti produk keripik, permen jahe, dan produk lainnya. Semua itu hanya produk makanan dan minuman,” kata Iwan kepada Radar Sukabumi, kemarin (18/11).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, banyak produk UKM yang laik masuk toko modern lantaran pelaku usaha berinovasi dengan menggunakan bahan baku, kemasan dan manajemen yang baik. Sebab itu, pemerintah terus mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produknya.
“Kualitas harus disesuaikan standar yang baik, manajemen juga dipersiapkan karena dalam kerjasama dengan toko modern, dibutuhkan komitmen yang kuat. Kami terus mendorong dan mendampingi mereka,” tandasnya

. Adapun, persyaratan utama yang harus dipenuhi pelaku usaha untuk memasarkan produknya di toko modern yaitu harus memiliki perizin dan sudah mendapatkan label halal.
Selain itu, pelaku usaha juga harus benar-benar mengutamakan kualitas produknya seperti kemasan, rasa dan lainnya yang nanti akan kembali dijaring oleh toko modern. “Tentunya yang memutuskan laik tidaknya produk UKM untuk dipasarkan di toko modern nanti yang memutuskan pihak perusahaan. Dengan harus memenuhi persyaratan utamanya yakni, perizinan dan label halal,” paparnya.

Disinggung soal permodalan, Iwan mengaku, pihaknya bukan hanya mendorong pelaku usaha dalam pemasaran produk saja. Namun, juga memfasilitasi pelaku usaha dalam segi permodalan seperti bekerjasama dengan pihak perbankan.
“Ya, tentunya kami juga memfasilitasi para pelaku usaha ini jika memang memerlukan modal untuk mengembangkan usahanya. Dalam desiminasi pasar modern juga kami menghadirkan pihak perbankan untuk membantu permodalannya,” ujarnya.

Iwan berharap, dengan adanya kerjasama antara DPKUKM dengan toko modern ini dapat membantu para pelaku usaha dalam pemasaran produk UKM nya.
“Mudah-mudahan dengan kerjasama yang terjalin baik dengan semua elemen bisa membuahkan hasil yang maksimal sesuai harapan. Kami akan berupaya memfasilitasi para pelaku usaha agar bisa memasarkan produknya di toko modern,” pungkasnya. (bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *