Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Butuh Penambahan Alat Berat

Asep Japar Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi
Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar saat diwawancara Radar Sukabumi di Pendopo Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMI — Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi, membutuhkan penambahan Sarana dan Prasarana (Sapras) untuk menunjang pembangunan di wilayah kerjanya.

Dari informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, saat ini terdapat sebanyak 55 unit alat berat berbagai jenis seperti beko dan lainnya. 22 unit di antaranya sudah tidak dapat digunakan karena usianya yang sudah tua, sementara sisanya 33 unit kondisinya baik dan masih bisa dioperasikan untuk kegiatan.

Bacaan Lainnya

Kepala Seksi Alat Berat PU Kabupaten Sukabumi, Ismat Ahmad mengatakan, apabila melihat wilayah Kabupaten Sukabumi yang sangat luas tentunya jumlah alat berat ini sangat minim dan butuh adanya penambahan agar lebih maksimal ketika melakukan kegiatan pembangunan.

“Idealnya, ada penambahan alat berat sekitar 10 unit. Saat ini yang kami membutuhkan trek loader untuk evakuasi ketika terjadi bencana longsor,” kata Ismat kepada Radar Sukabumi,  (11/11).

Terlebih saat ini, lanjut Ismat, menjelang musim hujan sehingga rawan terjadinya bencana longsor. Otomatis, alat berat perlu diterjunkan untuk membantu melakukan evakuasi. Oleh karena itu, keberadaan trek loader ini sangat dibutuhkan karena saat ini Dinas PU belum memilikinya.

“Jika menggunakan alat berat lainnya tentu tidak akan efektif dan berjalan maksimal ketika ketika proses evakuasi longsor,” terangnya.

Menurutnya, pada tahun ini informasinya akan ada penambahan satu unit mesin gilas untuk mendorong pembangunan di Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah informasinya tahun ini ada bantuan satu unit mesin gilas. Kami harap ke depan semua jenis alat berat ada penambahan sehingga permintaan baik dari desa maupun swasta bisa terpenuhi,” tuturnya.

Kasi Alat Berat PU Kabupaten Sukabumi, Ismat Ahmad saat mengecek alat berat di i Kantor Bengkel Alat Berat dan Laboratorium (Benglat) Jalan Panggleseran, Kecamatan Cikembar.

Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar menjelaskan, setiap tahunnya Dinas PU tak henti mengusulkan untuk pengadaan alat berat kepada pemerintah. Namun sampai sekarang, belum juga ada penambahan.

“Memang setiap tahunnya kami selalu mengajukan adanya penambahan alat berat untuk menunjang pembangunan di Kabupaten Sukabumi. Tapi belum terpenuhi karena mungkin anggaran kita yang terbatas,” jelasnya.

Asep mengaku, tidak menutup kemungkinan dengan keterbatasan alat berat ini berdampak terhadap kinirja. Karena, ketika ada pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan secara manual dan dalam waktu bersamaan, maka itu tidak bisa dipenuhi.

“Jadi terpaksa harus bergantian. Meski begitu, kami tetap berupaya bekerja dengan optimal. Kami berharap kedepannya sarana dan prasarana ini mendapatkan tambahan,” pungkasnya. (bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *