KOTA SUKABUMI

LSS Lahirkan Generasi Sehat

CIKOLE – Hari ini empat sekolah di wilayah Kota Sukabumi akan dinilai pada Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Jawa Barat. Sekolah terserbut diantaranya Sukapirena, SDN Cipanengah, SMPN 7 Sukabumi, dam SMAN 1 Sukabumi.

Walikota Sukabumi Achmad Fahmi memberikan dorongan penuh pada terciptanya lingkungan sekolah yang sehat. Hal ini sebagai bentuk upaya pemerintah dalam upaya memelihara dan meningkatkan kesehatan di lingkungan sekolah.

Upaya tersebut membuahkan hasil dengan adanya perwakilan sekolah dari Kota Sukabumi yang mengikuti lomba sekolah sehat (LSS) ke tingkat nasional. “Sekolah sehat fokus pada usaha bagaimana membuat sekolah sehat secara lingkungan dan memperhatikan kesehatan para siswa dan warga sekolah lainnya,’’ ujar Fahmi, kemarin. (6/11).

Langkah ini kata Fahmi, agar tercipta sekolah sehat bagi setiap warganya. Serta dapat melakukan aktivitas yang bermanfaat dan melahirkan generasi sehat serta unggul. Untuk itu lingkungan sekolah harus bersih, indah, tertib, terdapat pohon rindang, dan memiliki penghijauan yang memadai. Kriteria lainnya terdapat ruang kelas yang memenuhi syarat kesehatan.

Selain itu, menerapkan kehidupan sekolah yang menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan, pola hidup bersih, higienis, dan sehat. Intinya sekolah sehat fokus pada usaha bagaimana membuat sekolah tersebut sehat secara lingkungan dan memperhatikan kesehatan peserta didik.

“Sehingga harapannya setiap warga sekolah dapat melakukan aktivitas yang bermanfaat, memiliki nilai daya guna, dan akhirnya berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran,” katanya.

Khusus untuk sekolah yang mengikuti LSS kata Fahmi, Pemkot berharap dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam mengikuti kegiatan tersebut. Targetnya tidak hanya menjadi juara semata, melainkan dapat mencetak generasi muda atau pelajar yang peduli pada kesehatan lingkungan.

” Sehingga kelak ketika dewasa nanti akan menjadi generasi yang selalu memperhatikan kesehatan dan kebersihan lingkungan. Sebabnya, ketika sekolah sudah dibiasakan melakukannya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP UKS/M Kota Sukabumi, Dida Sembada mengatakan empat jenjang sekolah yang akan dinilai oleh tim LSS tingkat Provinsi sudah siap. Artinya, pada saat penilaian besok (hari ini.red) semua sudah sesuai dengan standar penilaian.

” Mudah- mudahan bisa mendapatkan nilai yang maksimal. Kita targetkan ada sekolah yang bisa meraih terbaik di tingkat provinsi dan bisa melaju ke Nasional,” ungkapnya.

Apalagi dikatakan Sekda Kota Sukabumi ini bahwa LSS ini sudah menjadi tradisi di Kota Sukabumi. Hampir sebanyak 17 kali dari semua jenjang pernah menjadi juara di tingkat nasional. ” Semoga tradisi ini bisa terus berlanjut. Kota Sukabumi berkancah di nasional,” katanya.

Sementara itu sekolah yang ditunjuk mengikuti lomba LSS tingkat Jabar ini merupakan hasil seleksi atau kompetisi lokal ditingkat Kota Sukabumi. ” Setelah kami nilai, jadi mereka ( sekolah) itu merupakan juara terbaik LSS tingkat Kota Sukabumi. Makanya kita ikuti di tingkat provinsi,” pungkasnya. (bal)

Tags

Tinggalkan Balasan