KABUPATEN SUKABUMI

Danramil 0705 Sukabumi Masuk Desa

SUKABUMI – Ratusan warga Desa Karawang, Kecamatan Sukabumi, mengikuti  sosialisasi wawasan kebangsaan untuk meningkatkan ketahanan nasioanal yang diselenggarakan Kades Karawang tempat di Majlis Taklim Al-Huda, tepatnya di Kampung Karawang Central, RT 1/2, Desa Karawang, Kecamatan Sukabumi, belum lama ini.

Danramil 0705/Kecamatan Sukabumi, Kapten Inf Akhmad Samas mengatakan, wawasan kebangsaan merupakan suatu keutuhan nasional dalam pengertian dan cara pandang yang selalu utuh dan menyeluruh dalam lingkup Nusantara.

“Ini artinya, seluruh warga negara serta aparatur pemerintah tanpa pandang bulu harus berpikir, bersikap dan bertindak secara utuh demi kepentingan bangsa dan negara,” jelas Samas kepada Radar Sukabumi melalui telepon selulernya, Senin (4/11).

Untuk itu, sosialisasi wawasan kebangsaan ini sangat penting dilakukan agar masyarkat dapat lebih mengerti dan memahami makna tentang cinta tanah air. “Sehingga diharapkan dapat menumbuhkembangkan jiwa patritisme sebagai pilar utama pertahanan dan ketahanan nasional,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, pihaknya juga menyampaikan pentingnya wawasan kebangsaan yang dapat dijadikan sebagai modal untuk terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam menghadapi masa depan yang semakin berkembang.

“Pada era globalisasi saat ini, tentunya banyak tantangan yang dihadapi dan tidak hanya upaya memecah belah bangsa saja, namun berbagai persoalan tindak kejahatan dan kriminalitas harus dihindari termasuk masalah narkoba, geng motor, tawuran dan aksi kriminal lainnya,” tandasnya.

Pihaknya menilai, bahwa pemahaman soal wawasan kebangsaan memiliki rasa kuat untuk membangun karakter bangsa yang sesuai dengan Pancasila. Hal tersebut, tentunya harus dimiliki oleh seluruh warga sebagai bukti kecintaanya terhadap tanah air.

“Saya menghimbau kepada seluruh warga agar tidak mudah terpengaruh oleh budaya asing yang tidak sejalan dengan norma bangsa Indonesia.

Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, dapat menumbuhkan rasa kesatuan dan tekad untuk menjadikan bangsa yang kuat, dihormati dan disegani diantara bangsa-bangsa lain,” pungkasnya. (den/d)

Tags

Tinggalkan Balasan