Pilkada Kabupaten SukabumiSukabumi

PDIP Goda Golkar dan Gerindra

SUKABUMI – Komunikasi politik antar parpol menjelan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang semakin kencang. Terbaru, giliran PDI perjuangan melakukan manuver politik dengan mendekati Golkar dan Gerindra.

Partai besutan Megawati Sukarno Putri ini dikabarkan sudah melalukan komunikasi dengan dua parpol besar tersebut. Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama melalui Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politiknya, Toni Kamajaya mengatakan, saat ini PDIP sedang mematangkan komunikasi tersebut untuk menuju koalisi.

“Ya utamanya dua parpol Golkar dan Gerindra. Untuk parpol lain juga dilakukan (komunikasi), seperti PPP dan PKB, dan itu jadi bagian dari jalinan komunikasi. Bidikan kita sih dua parpol tadi, sebab mereka dominan jumlah kursinya. Selain itu, Golkar atau Gerindra juga bagian dari koalisi tingkat pusat,” terang Toni dalam pesan singkatnya, kemarin (1/11).

Untuk komunikasi politik dengan Gerindra, PDIP mengklaim sudah berkomunikasi langsung dengan ketuanya Yudha Sukmagara. Menurutnya, kontalasi politik di nasional, membuat arah politik yang berada di Kabupaten Sukabumi juga bisa mendapatkan titik terang alam melakukan penjajakan koalisi.

“Politik yang terjadi di nasional, bisa diadopsi di tingkat kabupaten. Intinya baik dengan Golkar atau Gerindra, kita sudah menjajaki komunikasi sedari awal,” terangnya.

Saat ini, komunikasi dengan beberapa parpol tinggal ditingkatkan ke pertemuan berikutnya untuk membahas kesepakatan. Saat ditanya ketika ada kesepakatan dengan Golkar dan Gerindra untuk posisi usungan PDIP menjadi F2 (Wakil Bupati. red), dirinya tak mempermasalahkan. “Jadi kalau PDIP berkoalisi dengan dua parpol tadi (Golkar dan Gerindra. red) maka jatahnya F2,” cetusnya.

Ketika koalisi itu terjadi, pihaknya mengaku sadar diri juga. Meski ditingkat pusat PDIP merupakan parpol pemenang dan memiliki presiden, tentunya jika dibawa ke Kabupaten Sukabumi akan berbeda. PDIP harus bisa sadar diri. “Ya kita juga sadar dalam hal jumlah kursi,” aku Toni.

Mengenai bacalon sendiri, sejauh ini masih digodok. Di mana, akhir tahun akan diserahkan hasilnya ke DPC PDI Perjuangan. Rencananya, bulan ini hasil godokan akan muncul, paling lambat Desember. (hnd)

Tags

Tinggalkan Balasan