Kelurahan Jayamekar dan Baros, Terima Penghargaan

Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros dan Kurahan/Kecamatan Baros menerima penghargaan bidang lingkungan. Foto:ikbal/radarsukabumi

CIKOLE– Pemerintah Kota Sukabumi mendapatkan penghargaan dalam bidang lingkungan. Penghargaan ini diberikan dalam momen puncak peringatan Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKT) tahun 2019 yang dipusatkan di kawasan Wisata Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Kamis (31/10).

Ada dua wilayah Kota Sukabumi yang mendapatkan penghargaan yakni RW 02 Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros yang meraih penghargaan Ecovillage dan Program Kampung Iklim Kategori Utama. Berikutnya, RW 08 Kelurahan/Kecamatan Baros yang meraih Program Kampung Iklim Kategori Utama.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu hadir Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Walikota Sukabumi Achmad Fahmi, dan para bupati dan wali kota di Jawa Barat. ‘’ Prestasi yang diperoleh ini menjadi bukti adanya kepedulian warga dan pemerintah terhadap kondisi lingkungan,’’ ujar Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Dijelaskan Fahmi dalam hal Ecovillage, pemerintah mendorong desa/kampung berbudaya lingkungan dan inovasi dalam pengelolaan sampah. Di mana masyarakatnya mampu mengelola lingkungannya sesuai dengan kaidah keberlanjutan meliputi konservasi, pemanfaatan dan pemulihan lingkungan.

“ Ecovillge sebagai bentuk interaksi manusia terhadap lingkungan untuk mencapai kehidupan berkelanjutan dan lestari,” ujarnya.

Sementara warga sudah mengantisipasi akan perubahan iklim dengan baik. Misalnya warga memanfaatkan lahan pekarangan di rumah dengan sayuran atau tanaman obat-obatan. “ Selain itu pembuatan lubang biopori minimal satu rumah satu lubang biopori untuk menyerap air,” ungkapnya.

Ke depan Fahmi mendorong daerah lainnya di Sukabumi untuk memperhatikan kondisi lingkungannya masing-masing. Sehingga penataan perkotaan di Sukabumi akan berwawasan lingkungan untuk alam yang lestari. (bal/*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *