Kecamatan Cikole

Kecamatan Cikole Juara Porkota

KOTA SUKABUMI – Kecamatan Cikole akhirnya berhasil merebut juara umum pada Pekan Olahraga Kota (Porkota) Sukabumi. Sebelumnya, gelar juara disandang Kecamatan Baros pada Pokota VII tahun 2017 lalu.

Kecamatan Cikole berhasil mengumpulkan 15 medali diantranya, enam medali emas, enam medali perak dan tiga medali perunggu. Posisi kedua diraih Kecamatan Cibereum dengan raihan 15 medali yakni, lima medali emas, lima medali perak dan lima medali perunggu.

Kecamatan Baros yang sebelumnya juara umum, hanya bercokol di posisi ketiga dengan empat medali emas, empat medali perak dan tujuh medali perunggu. Sedangkan Kecamatan Gunungpuyuh dan Kecamatam Citamiang bersaing ketat.

Meski kalah jumlah raihan total medali, Kecamatan Gunungpuyuh berada di atas Kecamatan Citamiang yakni dengan raihan 12 medali, diantranya empat medali emas, empat medali perak dan empat medali perunggu. Adapun untuk Kecamatan Citamiang berhasil mengumpulkan 14 medali, yakni empat medali emas, dua medali perak dan delapan medali perunggu.

Kecamatan yang dipimpin Fitria Kusnaningsih ini kalah selisih pada medali perak. Untuk Kecamatan Warudoyong dan Kecamatan Lembursitu harus puas pada posisi ke enam dan ketujuh. Keduanya memiliki raihan 11 medali. Bedanya, Kecamatan Warudoyong unggul pada pereolehan medali emas yakni dengan raihan 3 medali.

Kemudian, medali sebanyak dua medali dan perunggu tiga medali. Sedangkan Kecamatan Lembursitu hanya meraih satu medali emas, empat medali perak dan enam medali perunggu. “Ya tahun ini Kecamatan CIkole menjadi juara. Hanya terpaut satu emas, Kecamatan Cikole 6 emas sedangkan Cibeureum 5 emas,” ujar Ketua Panitia, Asep Muhammad Sofyan, kemarin. (31/10).

Sementara juara umum tahun lalu yakni Kecamatan Baros hanya berada di posisi ketiga dengan perolehan medali emas sebanyak 4. Namun untuk total perolehan medali sama dengan Kecamatan Cikole. ” Ya kelihatannya setiap Porkota memunculkan juara baru. Artinya disetiap kecamatan memiliki atlet yang terus berkembang dan persaingannya ketat,” ujarnya.

Porkota ini selain sebagai ajang silaturahmi kata Asep juga mencari bibit -bibit atlet. Nanti kedepannya mereka akan menjadi calon atlet Porda tingkat Jawabarat . ” Ya ada juga Cabor yang menjadi perhatian kami untuk persiapan di Porda nanti,” akunya.

Sementara itu, Asisten Daerah 1 Kota Sukabumi, Andri Setiawan yang menutup acara Porkota 2019 mengatakan kegiatan ini merupakan program Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata. Dimana Pokorta ini ajang untuk silaturahmi masyarakat dalam bidang olahraga diantara kecamatan se- Kota Sukabumi.

” Intinya kan ini menjalin silaturahmi agar lebih erat semasa warga Kota Sukabumi,” katanya.

Disamping itu juga kata Andri untuk mencari bibit-bibit atlet yang bisa mewakili Kota Sukabumi di kancah level Jabar ataupun Nasional. ” Kalau melihat even ini potensi atlet Kota Sukabumi cukup bagus. Tinggal nanti dilakukan pembinaan kembali,” pungkasnya.(bal)

Perolehan Medali

Kecamatan Emas Perak Perunggu Total

Cikole 6 6 3 15
Cibeureum 5 5 5 15
Baros 4 4 7 15
Gunungpuyuh 4 4 4 12
Citamiang 4 2 8 14
Warudoyong 3 2 3 11
Lembursitu 1 4 6 11

Tags

Tinggalkan Balasan