Dinas Pertanian

Petani Manggis Cibolang Dibina

GUNUNGGURUH – Untuk meningkatkan kualitas manggis ekspor, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi bekerjasama dengan pemerintah Desa Cibolang menggelar pembinaan kepada puluhan petani manggis di aula Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Rabu (2/10).

Ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman petani dalam pemeliharaan budidaya manggis, agar kualitas produksinya dapat diekspor ke berbagai manca negara.

Kepala UPTD Penyuluhan Pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Jeffry Efendi mengatakan, pembinaan kelompok tani budidaya manggis ini sangat penting dilakukan agar mereka mampu meningkatkan kemampuannya dalam mengelola manggis.

Loading...

Terlebih lagi, pada 2018 lalu manggis Sukabumi hanya bisa ekspor ke Cina sampai 25 persen dari total produksi manggis.

“Seharusnya, Kabupaten Sukabumi ini bisa ekspor manggis sebanyak 60 persen dari total produksinya. Namun untuk tahun kemarin, ekspornya sangat menurun. Dampaknya banyak manggis yang di jual di pasar lokal,” jela Jeffry kepada Radar Sukabumi, Rabu (2/10).

Lebih lanjut ia menjelaskan, menurunya kualitas manggis ekspor ini akibat minimnya pemeliharaan petani terhadap pohon manggis. Sehingga saat dipanen, manggis banyak yang burik dan tidak ada mahkotanya. “Kalau untuk ekspor, manggis itu kan harus mulus dan tidak boleh ada cedera sedikit pun,” ujarnya.

Untuk itu, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi bekerjasama dengan pemerintah Desa Cibolang dan PT Pupuk Kujang melakukan pembinaan kepada puluhan petani budidaya manggis. Mulai dari cara perawatan hingga pada pola pemupukan tanaman manggis yang tepat.

Loading...
1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button