Pemkot Sukabumi Tingkatkan SDM ASN, Dengan Uji Kompetensi

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi saat meninjau uji kompetensi pejabat pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

CIKOLE –  Pemerintah Kota Sukabumi terus melakukan pembenahan dalam upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia aparatur sipil negara (ASN).

Salah satu kegiatannya yakni melakukan uji kompetensi penjabat pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi yang digelar Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Sukabumi di Bandung, belum lama ini.

Bacaan Lainnya

“Target kami ingin para aparatur dapat bekerja dengan profesional sesuai dengan kemampuan dan memperhatikan kode etik ASN,” ujar Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi, kemarin (20/10).

Adanya uji kompetensi ini kata Fahmi, dalam rangka penilaian pada setiap ASN untuk mengetahui kemampuan dan kelebihan serta kekurangan. Sehingga Pemkot mempunyai peta individu ASN.

” Jangan sampai pemerintah tidak mempunyai data kemampuan individu ASN. Sehingga dibutuhkan data profil ASN karena menjadi salah satu bagian bagi Saya dan Sekda untuk melihat rekam jejak pegawai,” katanya.

Bukan hanya data personal yang muncul, tetapi ada juga data lain seperti kompetensi yang diikuti, jenjang pendidikan yang dilalui, rekam jejak jabatan yang dialami dan penilaian kinerja.

Data ini terang Fahmi, sangat penting untuk pengambilan kebijakan dalam kerangka manajemenn PNS menjadi akurat. ” Lantaran didasarkan fakta dan data yang teruji kebenarannya,” terangnya.

Ditegaskan Fahmi, meskipun hanya berbentuk data pendamping, namun hal itu tidak serta merta akan langsung menjadi eselon tiga. Hal ini karena ada kriteria lain yakni attitude, sikap dan perilaku menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

Apalagi Kota Sukabumi memiliki Perwal Nomor 25 tahun 2018 tentang Kode etik PNS. Ketentuan ini mengatur bagaimana PNS berperilaku secara personal dan hubungan satu dengan lainnya.

Ketentuan ini mendukung Reformasi Birokrasi saat ini 3.0. ”Mari perbaiki kemampuan yang ada dalam hubungan personal dan mitra kerja dan warga,”pungkasnya. (bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *