EKONOMI

Indonesia Menuju Negara Miskin Jika 7 Tarif Ini Naik

RADARSUKABUMI.com – Salah satu tujuan Negara Republik Indonesia sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD 1945 yakni memajukan kesejahteraan umum.

Namun harapan rakyat untuk hidup sejahtera sepertinya bakal semakin sulit terwujud. Sebab, 7 kebutuhan dasar bakal naik. Kenaikan ini akan membuat rakyat kecil semakin miskin.

Tujuh tarif kebutuhan dasar yang bakal naik yakni iuran BPJS Kesehatan, tarif listrik, ojek online, parkir, rokok, tol, dan harga kantong plastik.

Loading...

“Saya kembali menyampaikan berita aktual. Salah satu berita aktual yang banyak disorot oleh publik ialah akan naiknya berbagai macam jenis kebutuhan masyarakat. Setidaknya ada 7 jenis barang yang akan naik,” ucap Rektor Universitas Ibnu Chaldun, Musni Umar melalui vlognya, Senin (7/10/2019).

Musni Umar melansir pemberitaan media yang menyebut 7 tarif kebutuhan dasar akan naik, di antaranya iuran BPJS Kesehatan dan tarif listrik.

Ia menyoroti rencana kenaikan harga kebutuhan dasar di tengah sulitnya ekonomi masyarakat.

Menurutnya, masyarakat saat ini tidak mendapatkan kenaikan pendapatan. Bahkan, banyak karyawan yang terkena PHK dan belum mendapatkan pekerjaan baru.

“Ini (kenaikan tarif) akan memukul rakyat kita, terutama kenaikan tarif listrik,” ucap Musni.

Dikatakan Musni, kenaikan tarif kebutuhan dasar masyarakat sulit dihindari karena Indonesia mengalami defisit anggaran yang sangat besar, sehingga terpaksa berutang ke luar negeri.

“Kita terus berutang untuk menutupi defisit anggaran yang tentu juga akan berdampak sangat negatif di dalam rangka kehidupan kita sehari-hari karena anggaran tersedot untuk membayar cicilan dan bunga yang sudah jatuh tempo,” tandas Musni.

(pojoksatu/izo/rs)

Loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button