KABUPATEN SUKABUMI

Pilkades 2019, Warga Cikembar Gelar Khatam Qubro dan Doa Bersama

CIKEMBAR – Ratusan warga Kecamatan Cikembar yang tergabung dalam Komunitas Tilawah Tiga Puluh Juz (KTT), menyelenggarakan khatam qubro dan doa bersama di Masjid Al-Jabar di Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar, kamis (31/10).

Ini dimaksud sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang rencananya akan dilaksanakan pada 17 November 2019 nanti, dapat berjalan aman dan lancar.

Camat Cikembar, Tamtam Alamsyah mengatakan, kegiatan ini selain dapat meningkatkan silaturahmi juga meminta keberkahan kepada Allah Subhana Wa Ta’ala agar pelaksaan Pilkades tahun ini dapat berjalan sesuai harapan.

“Doa bersama ini, merupakan salah satu sarana ikhitiar kita kepada Allah Subhana Wa Ta’ala. Selain berdoa, kita juga memberikan pengarahan kamtibmas kepada seluruh calon kades yang ada di setiap masing-masing wilayah,” jelas Tamtam kepada Radar Sukabumi, kamis (31/10).

Berdasarkan data yang tercatat di Kecamatan Cikembar, terdapat 43 calon kades yang akan mengikuti Pilkades nanti.

“Karena Pilkades ini rawan terjadi konflik, maka kami bersama 300 anggota KTT Kecamatan Cikembar menyelenggarakan doa bersama dan khatam qubro. Apalagi di Kecamatan Cikembar ini seluruh desa menggelar Pilkades,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh calon kades agar melaksanakan kompetisi dengan baik sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

“Saya berharap kegiatan ini, bisa menciptakan ketenangan antar pendukung dalam kegiatan pesta demokrasi nanti, sehingga ketika pelaksanaanya nanti, dapat berjalan aman tanpa kendala apapun,” paparnya.

Kapolsek Cikembar AKP I Djubaedi melalui Kanit Binmas Polsek Cikembar, Aiptu Sukatman mengatakan, dalam menjaga kelancaran dan keamanan berlangsungnya Pilkades, Polsek Cikembar akan bekerjasama dengan TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Cikembar, Linmas dan tokoh masyarakat.

“Semua unsur ini, akan terlibat penuh dalam pengamanan pesta demokrasi nanti,” katanya.

Pihaknya mengaku, sampai saat ini pihak kepolisian belum menemukan kendala apapun dalam persiapan Pilkades itu. Meski demikian, ia menghimbau kepada semua calon Kades agar dapat mengikuti tahapan pilkades dengan baik dan tempuh persyaratan serta prosedur yang baik. Sehingga, pelaksanaan Pilkades serentak dapat berjalan dengan damai serta sesuai harapan.

“Seluruh calon kades harus menghormati hasil keputusannya nanti. Selain itu, para calon kades agar dapat melakukan kampanye dengan baik dan tidak saling menjelekkan dengan lawannya,” pungkasnya. (den/d)

Tags

Tinggalkan Balasan