KOTA SUKABUMI

20 ASN Ikuti Ujian Naik Pangkat

CIKOLE,RADARSUKABUMI.com – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia menyelenggarakan ujian dinas dan penyesuaian kenaikan pangkat di kampus Institut Teknologi Bandung ( ITB). Ujian ini merupakan persyaratan bagi ASN yang akan naik pangkat atau golongan. “Ada sebanyak 20 ASN yang ikut ujian.

Diantaranya mereka akan naik golongan dari II Ke III, IIIA ke IIIB, IIID ke IV A,” ujar Kepala Bidang Kepegawaian BKPSDM Kota Sukabumi, Taufik Hidayah, Rabu(30/10).

Ujian Dinas ini dilakukan oleh BKPSDM sebanyak dua kali dalam setahun yakni April dan Oktober. Ujian ini menggunakan sistem Computer Assisted Test ( CAT). ” Ini merupakan sarana untuk naik pangkat atau golongan. “

Contohnya belum lama ini kan pelantikan, ada 4 orang tuh yang baru dilantik dengan jabatan Kepala Bidang ( Kabid), tapi pendidikannya masih S1 dan sudah lama di golongan IIID, namun sudah saatnya ke golongan IV A, Makanya ikutan ujian dinas untuk kenaikan pangkat nanti di Bulan April,” ujarnya.

Selain ujian dinas kata Taufik, BKPSDM juga mengadakan ujian penyesuaian kenaikan pangkat. Diakuinya, penyesuaian kenaikan pangkat ini dengan melampirkan terlebih dahulu Ijasah s2 dengan begitu bisa cepat naik pangkat.

” Misalnya, golongan IIIA mau ke IIIB, karena mereka sudah mempunyai Ijazah s2, jadi tinggal mengikuti ujian ini nanti kita lakukan penyesuaian,” jelasnya.

Mengapa dilaksankan di ITB Bandung kata Taupik , sarana CAT yang ada di ITB ini lebih nyaman digunakan. Begitupun untuk pembuatan soalnya itu dilakukan oleh Akademik ITB. ” Kalau di Sukabumi kan belum ada lembaga pendidikan untuk menyusun soal ujian dinas, makanya di ITB.

Kalau mengenai sarana mah di Sukabumi juga ada, bisa memanfaatkan Lab SMKN 2 Kota Sukabumi,” pungkasnya. (bal)

Tags

Tinggalkan Balasan