PENDIDIKAN

Peringati HPS, MAN I Sukabumi Terbangkan Ratusan Balon

CIBADAK – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) yang jatuh pada 28 Oktober 2019, ratusan pelajar dan guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sukabumi di Kecamatan Cibadak menerbangkan sebanyak 700 balon gas di halaman sekolah, Senin (28/10).

Ratusan balon merah putih yang digenggam para pelajar ini langsung diterbangkan usai menyelenggarakan upacara bendera. Dalam kesempatan ini, para pelajar menggunakan pakaian adat dari 34 provinsi se-Indonesia. “Pelepasan 700 balon gas ini baru pertama kalinya digelar untuk memperingati HSP. Selain itu, dalam kesempatan ini juga mengibarkan 700 bendera merah putih kecil di halaman sekolah,”kata Kepala MAN 1 Sukabumi, Pahirudin, Senin (28/10).

Pahirudin menuturkan, empat poin yang harus di tanamkan dalam peringati HSP tersebut yaitu, mencintai tanah air NKRI, mengetahui dan memahami peristiwa sejarah Bangsa Indonesia, mendalami ke aneka ragaman budaya bangsa dan para pelajar harus menumbuhkan semangat pemuda untuk menghadapi tantangan global.

“Tentunya dalam momen ini para pelajar wajib mengetahui sejarah bangsa dan bisa terus menumbuhkembangkan semangat pemuda untuk terus berkarya dan berprestasi,” tuturnya.

Tak hanya itu, Pahirudin mengingatkan pelajar harus memiliki filter dalam menyerap informasi di media sosial. Pasalnya, perkembangan teknologi informasi saat ini ibarat dua mata pisau. Satu sisi menjamin kecepatan informasi, sehingga pemuda dapat meningkatkan kapasitas pengetahuan untuk pengembangan sumber daya dan daya saing.

Di sisi lain, memberi dampak negatif bersifat destruktif, mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas, hingga radikalisme dan terorisme. “Untuk itu para pemuda, pelajar harus memiliki filter dalam menyerap informasi. Memiliki karakter tangguh dan positif dalam berbangsa dan bernegara,” paparnya.

Menurutnya, pemuda yang memiliki karakter tangguh adalah yang memiliki moral, kinerja baik, beriman, bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur dan bertanggung jawab. Pemuda juga harus memiliki kemampuan kepemimpinan dan kewirausahaan yang mumpuni.

“Pemuda harus memiliki inovasi dan kreativitas yang tinggi dan inspiratif,” ujarnya.

Pada momen HSP tahun ini, Pahirudin berharap, lahirnya generasi muda yang tangguh, berkarakter, inovatif, mandiri, rela berjuang dan berkorban untuk kepentingan masyarakat bangsa dan negara. “Mudah-mudahan pada peringatan HSP ini para pemuda bisa lebih baik lagi kedepannya,” harapnya. (bam/d)

Tags

Tinggalkan Balasan