SukabumiWISATA

8 Camilan Khas Sukabumi Penakluk Lidah

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Sukabumi memang terkenal sebagai kota wisata. Selain menyajikan panorama alam yang mampu memanjakan mata dan jiwa, Sukabumi juga bisa menaklukkan lidah para wisatawan.

Ya, Sukabumi juga terkenal sebagai kota wisata kuliner. Ada banyak makanan atau camilan khas Sukabumi yang selalu diincar para wisatawan setiap melancong ke Sukabumi. Kuliner-kuliner ini pun berhasil memberikan citra tersendiri untuk Sukabumi.

Selain rasanya yang khas, harganya pun sangat aman di kantong. Apa saja camilan khas Sukabumi itu? Berikut ulasannya.

1. Bandros

w644 - 8 Camilan Khas Sukabumi Penakluk Lidah
Bandros – Camilan khas Sukabumi

Kue bandros sekilas mirip dengan pancong. Bedanya adalah kalau pancong berasal dari Betawi, sedangkan bandros dari Jawa Barat. Bahan untuk membuatnya juga nggak sama karena pancong nggak pakai tepung tapioka seperti bandros. Penjual bandros paling hits di Sukabumi adalah Bandros Atta.

Letaknya ada di Jalan Gudang, sebelum lampu merah perempatan ke Jalan Baros. Bandros yang dijual di tempat ini menggunakan resep yang diwariskan secara turun temurun sejak 1973. Kamu bisa pesan bandros dengan berbagai rasa seperti vanilla, cokelat, dan keju. Harga seporsinya dipatok mulai dari Rp8 ribuan saja.

2.Kue Mochi

w644 1 - 8 Camilan Khas Sukabumi Penakluk Lidah
Mochi – Camilan khas Sukabumi

Ini dia jajanan khas Sukabumi yang paling legendaris sejak jaman baheula! Mochi Kaswari Lampion adalah salah satu pelopor kue mochi yang ada di Jalan Bhayangkara. Dari tahun ke tahun, Mochi Kaswari terus melakukan inovasi.

Inovasi ini bisa dilihat dari isian mochi yang makin beragam, mulai dari kacang, cokelat, keju, hingga stroberi. Toko Mochi Kaswari selalu ramai pembeli, apalagi saat sedang musim liburan. Mochinya kenyal, isiannya banyak, dan tidak terlalu manis. Enak banget!

3. Roti Priangan

w644 2 - 8 Camilan Khas Sukabumi Penakluk Lidah
Roti Priangan – Camilan khas Sukabumi

Roti Priangan adalah salah satu roti legendaris di Indonesia selain Tan Ek Tjoan dan Liauw. Roti Priangan dibuat tanpa bahan pengawet. Jenis roti yang paling terkenal adalah yang berbentuk tanduk dengan isian mentega dan susu.

Ada juga jenis roti lainnya yang nggak kalah enak, seperti selai stroberi, cokelat, dan roti tawar. Roti ini punya rasa yang enak, selain itu teksturnya juga empuk!

4.Sagon Bakar

w644 3 - 8 Camilan Khas Sukabumi Penakluk Lidah
Sagon Bakar – Camilan khas Sukabumi

Selain mochi, sagon bakar adalah camilan khas Sukabumi lainnya. Sagon bakar terbuat dari kelapa, aci, dan bahan lainnya. Rasanya gurih dan teksturnya renyah. Cocok banget jadi teman ngopi! Sagon bakar Ciaul adalah yang cukup terkenal di Sukabumi dan memiliki varian rasa, seperti cokelat, original, kopi, dan keju.

5.Sekoteng Singapore

sekoteng - 8 Camilan Khas Sukabumi Penakluk Lidah
Camilan khas Sukabumi

Isian sekoteng Singapore hampir sama dengan sekoteng pada umumnya. Bedanya ada pada remahan roti jahe. Semangkuk sekoteng Singapore hangat cocok banget dengan cuaca Sukabumi yang cenderung dingin. Menyeruput kuah sekoteng yang satu ini bisa langsung menghangatkan badan di malam hari.

6.Sate Aci

w644 5 - 8 Camilan Khas Sukabumi Penakluk Lidah
Sate Aci – Camilan khas Sukabumi

Sate Aci berbeda dengan sate ayam atau kambing karena terbuat dari tepung kanji atau aci yang dibentuk lalu ditusuk dan disiram bumbu kacang. Rasanya kenyal dan gurih seperti cilok. Camilan yang satu ini bikin perut kenyang dan juga ramah di kantong!

7. Kue Jahe

w644 6 - 8 Camilan Khas Sukabumi Penakluk Lidah
Kue Jahe – Camilan khas Sukabumi

Satu lagi camilan khas Sukabumi yang wajib dibeli sebagai oleh-oleh. Kue jahe rasanya manis dan bisa menghangatkan badan setelah disantap. Efek hangat didapat dari parutan jahe asli yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan kue.

8. Surabi

w644 7 - 8 Camilan Khas Sukabumi Penakluk Lidah
Surabi – Camilan khas Sukabumi

Selain di Bandung, surabi juga terkenal di Sukabumi. Jenis surabi khas Sukabumi adalah yang terbuat dari campuran buah durian asli. Setelah matang, atasnya diberi parutan keju yang bercita rasa gurih.

Selain durian, ada juga jenis surabi lain yang bisa dipilih, seperti oncom, cokelat, dan stroberi. Salah satu tempat yang menjual surabi durian di Sukabumi adalah yang ada di Jalan Jenderal Sudirman.

Apabila mau liburan untuk waktu yang lama atau sekedar weekend getaway, bisa pergi ke Sukabumi. Banyak tempat wisata keren yang bisa dikunjungi dan juga wisata kuliner sampai puas! Dari pagi sampai malam, ada banyak jenis makanan yang bisa kamu santap. Dijamin kenyang dan nggak bikin kantong bolong.

(net/izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan