KecamatanSukabumi

Dukung RTH Bangun Talud, Dua MCK, dan Sumur Gali, Bangun SAB di Empat Titik

Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi

Bantuan P3K 2019 untuk Kecamatan Kalibunder dimanfaatkan untuk pembangunan sumur gali, talud, dan MCK pada rencana realisasi pembangunan RTH dan SAB di Desa Sekarsari.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Serupa dengan kecamatan lain di Kabupaten Sukabumi bahwa bantuan P3K di Kecamatan Kalibunder juga berdasarkan hasil Musrenbang 2018. Adapun bantuan P3K di Kecamatan Kalibunder menurut Camat Kalibunder, Chaerul Ichwan, S.STP yang diwakili Kasubag TU Kecamatan Kalibunder Ade Prianto dan staf Hendar Effendi menerangkan bantuan P3K 2019 di wilayah Kecamatan Kalibunder untuk mendukung rencana realisasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kampung Sindangsari Desa Kalibunder. ” Di RTH tersebut ke depannya akan dibangun GOR, area perkantoran, dan sekretariat bersama (Sekber) untuk kelembagaan, “terangnya.

Rencananya RTH ini, imbuhnya, terealisasi dalam kurun waktu tiga tahun dari sekarang.

Adapun bantuan P3K 2019 diarahkan untuk pembangunan talud sepanjang 43 meter dengan tinggi delapan meter.
“Pembangunannya baru selesai di tahap pertama pada 2019,” katanya yang juga menambahkan in syaa Allah kelanjutannya akan dibangun pada bantuan P3K 2020.

Kembali diterangkan melalui anggaran P3K 2019 di kawasan RTH tersebut juga terbangun sumur gali dan dua unit MCK.

Sementara itu, di samping mendukung fasilitas pembangunan RTH, anggaran P3K di Kecamatan Kalibunder juga diperuntukkan untuk merealisasikan pembangunan Sarana Air Bersih (SAB) di Desa Sekarsari.

Adapun realisasinya dengan membuat sumur bor di empat titik lokasi, yakni di Kampung Cikadu, Cikalaces, Cinaringgul, dan Ciawi yang memang dalam satu desa, yakni Desa Sekarsari. Wilayah tersebut sebelumnya termasuk yang sulit memperoleh air.

Dengan direalisasikannya sumur bor di empat titik, masyarakat setempat sidah bisa memanfaatkannya beberapa di antaranya, imbuhnya untuk kawasan masjid dan sekolah, yakni SD Ciawi dan MI Cinaringgul.(*)

Wilayah Berpotensi Komoditi Gula Merah, Wisata Lokal, Galena Biji Besi, dan UKM

Chaerul Ichwan 218x300 - Dukung RTH Bangun Talud, Dua MCK, dan Sumur Gali, Bangun SAB di Empat Titik
Camat Kalibunder, Chaerul Ichwan

Kecamatan Kalibunder membawahi desa-desa di antaranya Desa Kalibunder, Cimahpar, Sukaluyu, Sekarsari, Balekambang, Bojong dan Mekarwangi.

Potensi yang ada di Kecamatan Kalibunder begitu beragam. Camat Kalibunder, Chaerul Ichwan yang didampingi/diwakili Kasubag TU Kecamatan Kalibunder, Ade Prianto dan staf Hendar Effendi menerangkan beberapa potensi yang ada di wilayah Kec Kalibunder antara lain, untuk komoditi pertanian ada gula merah di Desa Sekarsari dan Cimahpar.

Kemudian ada hasil olahan komoditi pertanian, yakni bambu yang diolah menjadi nilai komersil atau sektor UKM, yakni anyaman bambu di Desa Kalibunder.

Di sektor tambang galena ada biji besi yang belum dieksplor. Potensi galena biji besi ini terdapat di Desa Kalibunder dan Sukaluyu.

“Pada sektor wisata lokal juga terdapat Situ Ciengang di Desa Kalibunder dan Situ Bagendit di Desa Balekambang,” katanya.

Potensi UKM yang ada di wilayah Kec Kalibunder juga ada pembuatan genteng di Desa Bojong juga terdapat potensi UKM dari hasil ternak kambing etawa di Desa Balekambang. (dit)

Tags

Tinggalkan Balasan