BOGOR

Sosok Pria Kelahiran Bogor Hingga Jadi Plt Kapolri

BOGOR – Sosok Komjen. Pol. Drs. H. Ari Dono Sukmanto, S.H., M.Si. merupakan sosok Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri yang ditunjuk Puan Maharani selaku Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI (DPR Republik Indonesia).

Ari Dono menduduki posisi baru pada Jumat (17/08/2018) kemarin. Ia dilantik oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian sebagai Wakapolri.

Informasi yang berhasil dihimpun Pojokbogor(Group radarsukabumi.com), pria yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolri ini ditunjuk menjadi Plt dari sosok Jenderal Tito Karnavian.

Ternyata, Ari Dono lahir di Bogor pada 23 Desember 1961 lalu.

Keputusan Puan agar dirinya menjadi Plt Kapolri ini sendiri berdasarkan pernyataan Presiden Joko Widodo.

Sosok pria ini memiliki karir cemerlang di bidang reserse setelah namanya mulai dikenal saat menjadi Kapolres Serang, Banten, pada 2003 lalu.

Ari pernah menjadi Direktur Reserse Kriminal (Direskrim) Polda Yogyakarta pada 2004-2006 lalu, dan berlanjut ke Direskrim Polda Jabar setahun kemudian.

Tahun 2009, ia ditarik menjadi penyidik utama pada Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri. Tahun 2010 ia menjabat Kepala Bagian Instalfor Puslabfor Bareskrim Polri.

Lalu pada 2011 atau 2 tahun kemudian ia menjabat sebagai Wakapolda Sulawesi Tenggara, dan kembali bertugas sebagai Direktur Tindak Pidana Umum di Bareskrim saat belum setahun menjabat Wakapolda.

Dua tahun selanjutnya ia menjabat Kapolda Sulawesi Tengah, dan pada 2016 mencatat prestasi lantaran dipromosikan menduduki dua jabatan dalam waktu singkat.

Sosok Ari berhasil menangani berbagai kasus besar, seperti pada kasus penodaan agama yang dilakukan Ahok, kasus penipuan biro perjalanan umrah First Travel, termasuk kasus penyelundupan sabu-sabu seberat 1,6 ton di Batam, Kepulauan Riau.

Ari Dono dilantik sebagai wakapolri pada 17 Agustus 2018 lalu guna mengisi jabatan Wakapolri yang sempat kosong selama beberapa waktu setelah ditinggalkan Syafruddin.

Ari Dono sendiri merupakan teman seangkatan Syafruddin, Wakapolri yang ia gantikan setelah ditunjuk Presiden Jokowi menjadi menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).
(mar/pojokbogor)

Tags

Tinggalkan Balasan