DPRD JABARKABUPATEN SUKABUMI

Jaenudin: Santri Penjaga Keutuhan NKRI

SUKABUMI – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 yang jatuh pada 22 Oktober seakan memberikan harapan baru bagi kemajuan pendidikan Islam Indonesia yang lebih baik dan mampu memberikan daya saing secara global. Hal demikian disampaikan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, M Jaenudin.

Menurut legislator asal Daerah Pemilihan (Dapil) Sukabumi ini, momentum Hari Santri harus dijadikan wadah untuk memperkokoh karakter anak bangsa yang agamis dan berakhlak mulia.

“Santri harus menjadi elemen penting di Indonesia. Sumber daya santri tidak dapat diragukan lagi. Selain itu, dalam sejarah mencatat peran santri luar biasa dalam menjaga dan keutuhan NKRI,” jelas M Jaenudin kepada Radar Sukabumi melalui telepon selulernya, Rabu (23/10).

Menurut M Jaenudin, santri merupakan bagian generasi muda Indonesia yang punya sejarah heroik dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa. Selain itu, santri adalah pewaris para ulama, benteng akidah, dan moral yang akan menjadi bagian dari penerus estafet kepemimpinan bangsa dan negara.

“Untuk itu, dalam memaksimalkan peran santri diperlukan peraturan peruandang-undangan yang berpihak kepada kegiatan pondok pesantren,” ujarnya.

Ia berharap, momentum HSN mejadikan santri semakin eksis dan memiliki peran dalam bidang politik, sosial dan ekonomi. Untuk itu, ke depan harus ada peraturan perundang-undangan yang memberikan kode rekening dan nomenklatur yang menjadi payung hukum mengenai keberadaan pondok pesantren.

“Iya, kalau sekarang bantuan untuk pondok pesantren hanya mengandalkan hibah dan bantuan sosial. Bila sudah ada payung hukum untuk keberaan pesantren, tentunya dapat menjamin kesejahteraan santri,” pungkasnya. (den/d)

Tags

Tinggalkan Balasan