KABUPATEN SUKABUMI

Wisata Bukit Baraya Dikembangkan

CIRENGHAS — Pemerintah Kecamatan Cirenghas saat ini tengah membangun objek wisata Bukit Baraya di Kampung Cibayondah, RT 01/02, Desa Cipurut. Diharapkan nantinya objek wisata ini bisa mendongkrak perekonomian warga sekitar.

Camat Cirenghas melalui Kasubag Perencanaannya, Rudi Bahari mengatakan, dengan menggunakan anggaran Program Peningkatan Partisipasi Kecamatan (P3K) 2019, saat ini sedang membangun infrastruktur pendukung objek wisata Bukit Baraya.

Seperti mushola, poto spot, joging trek, Sarana Air Bersih (SAB), pembangunan MCK dan sarana pendukung lainnya. “Tahun 2019 ini kami sudah mulai mengambangkan objek wisata alam ini sesuai dengan intruksi Pak Bupati. Dimana setiap daerah harus mengembangkan potensi wisata yang ada,” kata Rudi, belum lama ini.

Menurutnya, pembangunan saat ini sudah berlangsung selama dua minggu dan diprakarsai oleh Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kecamatan Cireunghas. Pembangunan wisata ini dilakukan berdasarkan prinsip keseimbangan pengembangan manajemen destinasi untuk menciptakan daya tarik wisata berkualitas dan berdaya saing.

“Hal ini kami lakukan untuk pengembangan potensi wisata yang ada di Kecamatan Cirenghas dan bisa menjadi ikon kecamatan,” tuturnya.

Dalam pengembangan wisata ini, sambung dia, perlu adanya dukungan dan kerjasama baik antara pemerintah dengan masyarakat. “Kami optimis pengembangan objek wisata ini akan berjalan sesuai harapan,” tandasnya.

Sementara itu, Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Cipurut, Hasan Ruhiat memaparkan, pembangunan ini merupakan tindak lanjut dari hasil musyawarah tingkat desa bersama masyarakat. Selain itu juga merupakan hasil penelitian dari tim kecamatan. “Alhamdulillah 2019 pembangunan mulai diwujudkan,” ujarnya.

Hasan berharap, proses pembangunan berjalan sesuai rencana dan tidak menemukan kendala yang dapat menghambat proses pembangunan dan pengembangan objek wisata alam ini. ”Kami juga berharap destinasi wisata ini mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat,” pungkasnya. (bam/d)

Tags

Tinggalkan Balasan