ISTANASukabumi

Pokoknya Ada Wajah Milenial, Inilah Daftar Menteri Jokowi

RADARSUKABUMI.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi berjanji akan memperkenalkan para calon menterinya hari ini, Senin (21/10/2019).

Hingga pukul 12.00 WIB, Jokowi belum mengumumkan daftar menterinya. Meski begitu, beberapa calon menteri terlihat sudah menyambangi Istana.

Para tokoh yang datang ke Istana merupakan sosok baru yang akan menduduki jabatan menteri dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin masa bakti 2019-2024.

Berikut ini daftar calon menteri Jokowi yang telah menyambangi Istana sejak Senin pagi (21/10).

1. Mahfud MD

Mahfud MD sudah mendatangi Istana Negara dengan mengenakan kemeja putih untuk memenuhi panggilan Presiden Jokowi, Senin (21/10/2019).

Mahfud dikabarkan akan menduduki jabatan Jaksa Agung dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf.

“Saya cukup surprise tadi, karena beliau cukup tahu latar belakang saya, jadi saya tidak perlu nawar-nawar, beliau sudah tau (posisi) apa yang tepat untuk saya,” ujar Mahfud MD kepada wartawan di temui Istana.

Ia menyebut setidaknya ada di antara tiga pos menteri yang kira-kira bakal diembannya.

“Sekarang kan ramainya saya disebut Jaksa Agung, Menteri Agama, Menteri Hukum, ya tidak jauh dari itu lah,” ungkapnya.

2. Nadiem Makarim

CEO PT Gojek Indonesia, Nadiem Makarim, memastikan dirinya akan mendapatkan posisi jabatan menteri di Kabinet Kerja Jokowi Jilid Dua.

Nadiem mengungkapkan bahwa ia merasa terhormat dengan kesempatan yang diberikan Jokowi.

“Ini satu kehormatan bagi saya, setelah di Gojek saya ingin memperkenalkan karya Indonesia, kini saya akan memberikan sumbangsih lebih besar lagi,” ujarnya ditemui di Istana, Senin (21/10/2019).

Nadiem bahkan sudah mengkonfirmasi tidak lagi memegang jabatannya di Gojek.

“Saya sudah mundur, tidak ada lagi kewenangan apapun di Gojek,” ujarnya.

Sejumlah pembicaraan bersama Jokowi pun disampaikan Nadiem terkait visi misi ke depan dalam membangun negara.

“Sudah pasti saya berbicara dengan banyak hal terkai pengembangan SDM, reformasi birokrasi, dan lain sebagainya,” kata dia.

Informasi yang beredar, Nadiem akan menduduki jabatan Menteri Koperasi.

3. Erick Tohir

Erick Thohir merapat ke Istana siang ini. Erick Thohir tiba di Kompleks Istana sekitar pukul 11.12 WIB. Dengan memakai kemeja putih sama seperti beberapa orang yang telah dipanggil Jokowi juga.

Ia disebut-sebut akan menduduki jabatan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Erick Thohir lahir di Jakarta, 30 Mei 1970. Dia adalah seorang pengusaha asal Indonesia dan pendiri Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment.

Ia mengakuisi klub sepak bola dan Klub Italia yang berlaga di seri A yakni F.C. Internazionale Milano (Inter Milano) pada November 2013. Erick Thohir dipercaya sebagai presiden klub ke 21 dalam 106 tahun sejarah klub tersebut.

Mantan presiden klub sepak bola AC Milan itu menjabat sebagai ketua tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 lalu.

4. Wishnutama

Wishnutama menyambang Istana Negara siang ini, Senin (21/10). Ia disebut-sebut akan mengisi salah satu pos menteri dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin 2019-2024.

“Saya datang ke sini diminta presiden bantu beliau. Saya tidak bercita-cita jadi menteri tapi ini untuk kebaikan bangsa, saya bersedia,” ujar Wishnutama usai bertemu Jokowi di Istana Negara, Senin (21/10/2019).

Wishnutama diisukan akan menjadi Kepala Badan Ekonomi Kreatif. Hal tersebut senada dengan apa yang dibahas Jokowi dengan Creative Director opening and closing Ceremony Asian Games 2018 itu.

Berikut ini daftar calon menteri Jokowi – Ma’ruf Amin 2019-2024:

I. MENTERI KOORDINATOR (MENKO)

1. Menteri Koordinator Bidang Polhukam: Moeldoko

2. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian: Sri Mulyani

3. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan: Pramono Anung

4. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman: Luhut Binsar Pandjaitan

II. MENTERI

1. Menteri Sekretaris Negara : Pratikno

2. Menteri Perencanaan Pembangunan Negara/Kepala Bappenas: Bambang Brodjonegoro

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan