Pemkab Sukabumi

Pemdes Cisarua Bangun Tiga Rutilahu

SUKARAJA – Tiga rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Desa Cisarua, Kecamatan Sukaraja, mulai direnovasi Pemerintah Desa (Pemdes) Cisarua.

Tiga pembangunan Rutilahu tersebut, tersebar di tiga titik. Di antaranya, Kampung Nagrak RT 01/08, Kampung Cisarua RT 03/02 dan di Kampung Nagrak RT 01/07.

Penjabat Sementara (Pjs) Desa Cisarua, Ridwan Alif melalui Kaur Keuangan Desa Cisarua, Dedi mengatakan, ronovasi tiga Rutilahu tersebut merupakan bantuan dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi dengan anggaran sebesar Rp10.000.000 per unitnya.

“Ya, pembangunan ini sudah berjalan selama tiga hari serta dikerjakan secara swadaya masyrakat. Kami targetkan pembangunan selesai di 30 hari kerja,” tandasnya.

Dedi menjelaskan, masyarakat antusias menyambut bantuan tersebut. Hal itu terlihat dari gotong-royong yang dilakukan masyarakat bahu membahu ikut membantu proses pembangunan.

“Alhamdulillah, berkat bantuan semua pihak proses pembangunan bejalan sesuai rencana,” jelasnya.

Menurutnya, pada pembanguna Rutilahu tersebut, Pemdes Cisarua memprioritaskan perbaikan rumah yang mengalami rusak berat.

“Setiap tahun kami selalu mengajukan bantuan Rutilahu ini melalui Dinsos. Kami lebih memprioritaskan rumah yang kondisinya rusak berat,” paparnya.

Pihaknya berharap, dengan pembangunan Rutilahu tersebut budaya gotong royong satu sama lain bisa terus ditingkatkan. “Mudah-mudahan penerima manfaat bisa terbantu serta memiliki rumah yang laik untuk ditinggali dengan keluarga,” pungkasnya. (bam/d)

Tags

Tinggalkan Balasan