LIGA INDONESIA

Masa Iya Persib Kalah Lagi vs Persebaya

GIANYAR – Para pecinta Persib Bandung tentu mengingat kekalahan dari Persebaya satu tahun lalu pada laga buangan yang berlangsung di Bali. Kala itu, pasukan Green Force menang telak dengan skor 4-1.

Situasi tersebut akan terulang lagi pada malam nanti di stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali. Pertemuan kedua tim dijadwalkan berjalan pukul 19:30 WIB dan disiarkan oleh Indosiar.

Belum lagi pada putaran pertama Liga 1 2019, memori kekalahan dari Persebaya masih ada dibenak para pemain. Tentunya, Maung Bandung ingin merubah stigma tak pernah menang kala bermain di Bali.

Dalam laga nanti, Robert Alberts tidak akan dipusingkan dengan pemailihan pemain. Pasalnya, semua pemain dalam kondisi siap tempur, termasuk striker Ezechiel Nduoassel yang baru pulang setelah membela negaranya di kualifikasi Piala Dunia 2022.

“Saya tidak ada di sana waktu itu (Persib kalah dari Persebaya di Bali musim lalu). Tim yang berbeda dan juga situasi yang berbeda,” kata Roberts, kemarin.

Walau Persib sudah melakukan pembenahan, tapi Alberts tetap menekankan aspek mental kepada para pemainnya. Salah satu cara yang dilakukan pelatih asal Belanda ini ialah meminta pemain tampil santai.

“Sekarang kami membenahi mentalitas dari pemain dan mereka paham ini laga kandang jadi harus bisa meraih kemenangan,” ucapnya.

Mantan pelatih PSM Makassar itu pun mengakui jika statistik kurang apik didapatkan tim asuhannya jika memaminkan laga kandang rasa tandang. Namun, semua itu dijadikan pembelajaran untuk tampil lebih baik.

“Ini tidak mudah, kami belajar banyak dari musim lalu. Meski kami punya statistik yang kurang baik ketika memainkan laga kandang rasa tandang, tetapi kami mulai bekerja dan membenahi semuanya,” tegas Robert.

Meladeni Maung Bandung, tim asal Kota Pahlawan mengalami kepincangan. Persebaya dipastikan tidak akan bisa memakai skuad terbaik mereka.

Banyak pemain tim besutan Wolfgang Pikal yang terpaksa harus absen, terutama di lini depan. Osvaldo Haay masih cedera ketika diangkut ke Timnas Indonesia U-23 dalam persiapan menuju Sea Games 2019.

Sementara itu, Irfan Jaya menjalani hukuman akumulasi kartu kuning. Selain kehilangan dua pemain di sektor depan Persebaya juga tak mampu memasang Rachmat Irianto di lini tengah, karena sang penggawa masih membela Timnas U-23. Masalah lain, dua bek tengah yaitu Otavio Dutra dan Hansamu Yama Pranata baru saja membela timnas senior.

Bisa tidaknya mereka bermain kontra Persib, tak diketahui. Kondisi terakhir kapten Ruben Sanadi pun masih meragukan. “Ada beberapa pemain yang tidak bisa main. tapi bagaimanapun kita punya target untuk curi poin dan kita berusaha dengan maksimal,” tuturnya.

Pikal sendiri sedikit lega ketika Diogo Campos sudah bisa dimainkan. Mantan pemain Kalteng Putra itu sempat absen ketika Persebaya melawan Borneo FC pada 11 Oktober kemarin. dia terkena akumulasi kartu. ’’Dia juga dalam kondisi baik, sehat, dan segar. Campos sudah tidak sabar untuk pertandingan besok,’’ terang pelatih 51 tahun itu.

Pikal mengaku tidak diuntungkan dengan jarak antara Surabaya dengan Bali lebih dekat dibandingkan dari Bandung. Dia berujar hal tersebut bukanlah keuntungan yang besar bagi skuadnya. ’’Surabaya ke Bali 30 menit, Bandung ke Bali 1 jam, bagi saya itu bukan keuntungan. Kalau keuntungan karena Persib tidak bisa main di kandang, itu benar. Kalau masalah jarak, bukanlah,’’ katanya. (pra)

Tags

Tinggalkan Balasan