PENDIDIKAN

Siswi SLB Juara 1 Mengarang Tingkat Nasional

SUKABUMI – Nurul Rahmah, murid kelas 2 di Sekolah Luar Biasa (SLB) A Budi Nurani, Kota Sukabumi, terpilih menjadi juara 1 lomba penulisan kreatif atau cerpen pada Festival Literasi Sekolah (FLS) Tingkat Pendidikan Khusus Tingkat Nasional 2019.

Sebelumnya, Nurul pernah meraih juara 1 lomba mengarang cerita di tingkat Jawa Barat (Jabar), dan menjadi wakil ke tingkat nasional.

Nurul, begitu sapaan akrabnya ini mengaku bakat yang dimilikinya itu sejak di SMP. Oleh guru seni, ia mulai dikenalkan dunia tulis menulis sampai pada akhirnya Nurul pun mulai tertarik menjadi seorang penulis cerpen.

“Sebelumnya emang senang banget sama nulis, ngarang-ngarang cerita gitu, kebetulan di sini ada guru seni dia juga seorang sastrawan coba deh diajarin Alhamdulillah sekarang sedikit demi sedikit mulai lancar menulis,” ujar Nurul kepada Radar Sukabumi, Rabu (16/10).

Ia mengatakan, saat mengikuti lomba, judul yang karangan yang ia buat adalah “Anak Pecinta Teknologi”. Cerpen tersebut menceritakan tentang anak-anak generasi milenial yang mulai melek teknologi. Bahkan untuk anak yang memiliki kekerangan seperti dirinya itu pun, kini sudah menguasai dibidang teknologi.

“Untuk tema dari panitia itu kan temanya tentang peran pemuda dalam memantapkan bangsa di era digital. Jadi saya ambil judulnya seperti itu,” katanya.

Ia pun sangat bangga dan tak percaya jika hasil karyanya menjadi tulisan terbaik. Sebab, ia baru kali ini mengikuti perlombaan hingga ke tingkat nasional.

Dikatakannya saat ini ia sudah memiliki puluhan hasil karya cerpen ciptannya.

“Paling senang bikin tulisan tentang kekejaman gitu sih, tapi tergantung mood nya juga sih, kadang seharian bisa keasyikan bikin cerpen sampai kadang lupa sama waktu,” imbuhnya.

Nurul sendiri bercita-cita ingin menjadi seorang pengarang cerpen dan hasil karyanya itu dapat diterbitkan.

Dengan prestasi yang diraihnya itu, Nurul berharap bisa menjadi motivasi dirinya untuk terus meraih prestasi terutama dibidang penulisan kreatif dan juga bisa menjadi inspirasi untuk orang lain agar jangan patah semangat untuk meraih prestasi dan juga cita-cita.

“Aku juga disini ingin membuktikan, bahwa orang yang seperti saya ini meski memiliki kekurangan tetapi bisa meraih prestasi,” tegasnya. (wdy)

Tags

Tinggalkan Balasan