KOTA SUKABUMI

Terminal Bus Sukabumi Ada Hotelnya, Keren Pisan

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Terminal Bus Sukabumi Jawa Barat bakal segera dibangun oleh Kementerian Perhubungan. Nantinya ini menjadi proyek percontohan terminal pengembangan berorientasi transit dengan skema kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU) dengan peran swasta hingga Rp700 miliar.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menjelaskan pemerintah tengah menyiapkan kerja sama berskema kerjasama pemerintah badan usaha (KPBU) tersebut.

“Terminal Sukabumi itu akan dibangun swasta Rp700 miliar, ada terminal ada hotel, ada mal juga, ballroom, co-working space, ada lokasi pariwisata di belakangnya,” kata Budi, Selasa (16/10/2019).

Dia menuturkan dalam waktu dekat proyek terminal bus tipe A K.H. Ahmad Sanusi Sukabumi tersebut akan segera dikerjakan. Pengembangan terminal tersebut dilakukan dengan orientasi penggunaan campuran atau mix uses.

Orientasi ini menjadi bagian dari pencanangan transit oriented development (TOD) terminal yang akan mulai dikerjakan pada 2020 mendatang.

Melalui skema tersebut, dia mengharapkan tidak hanya lalu lintas harian (LHR) terminal yang meningkat tetapi perekonomian di daerah juga dapat berkembang.

Langkah itu menjadi bagian dari evaluasi kinerja pembangunan infrastruktur selama ini, supaya fungsi terminal sebagai tempat transit dapat meningkat pula menjadi tempat tujuan dengan keberadaan tempat hiburan, perkantoran ataupun penginapan.

(bisnis/izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan