Kecamatan Baros

Selenggarakan Lima Bimtek dan Pengadaan 27 Alat Pengakut Sampah

Kelurahan Jaya Mekar, Kecamatan Baros

RADARSUKABUMI.com – Sebanyak lima pemberdayaan bimbingan teknis (Bimtek) dan satu bidang fisik dilaksanakan di Kelurahan Jaya Mekar pada pencairan dana kelurahan 2019 untuk Kelurahan Jaya Mekar Kecamatan Baros.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Lurah Jaya Mekar, Padlan menerangkan kelima kegiatan Bimtek pemberdayaan antara lain,

Pertama, Bimtek Linmas yang diikuti 42 anggota Linmas se-Kelurahan atau dari tujuh RW. Seperti Pelatihan Baris Berbaris di Kelurahan Jaya Mekar. “Para anggota Linmas mendapat pembekalan dari Babinsa, Babinkamtibmas, dan Kasi Trantib,”terangnya.

Kedua, menyelenggarakan Bimtek Penanganan Bencana yang diikuti oleh 25 peserta di Aula Kelurahan Jaya Mekar dengan pemateri dari pihak BPBD Kota Sukabumi. “Para peserta dibekali materi siap siaga bencana,”terang dia.

Ketiga, menyelenggarakan Bimtek Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang diikuti oleh tujuh kelompok masyarakat satu kelompok terdiri dari lima orang jadi, imbuhnya, semuanya ada 35 peserta dengan menghadirkan pemateri dari Jabar Juara diselenggarakan di Aula Kelurahan Jaya Mekar.

Keempat, sambungnya, Bimtek Administrasi RT/RW yang diikuti 27 ketua RT dan tujuh ketua RW se-Kelurahan Jaya Mekar dengan pemateri dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sukabumi. Materi yang diberikan, katanya tentang administrasi pembuatan kartu keluarga, KTP, surat kelahiran, surat kematian, dan lain sebagainya.

Kelima, pemberdayaan tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM),”tambahnya. Bimtek tersebut diikuti oleh sebanyak 60 orang dari kader posyandu, tokoh masyarakat, dan sebagian RT RW. Sementara itu, untuk fisiknya, yakni pengadaan alat pengangkut sampah di 27 RT. ” Inipun sudah selesai dilaksanakan,”pungkasnya. (*)

Sosialisasi dan Pembinaan

Lurah Jaya Mekar, Padlan

Lurah Jaya Mekar, Padlan mengatakan pihaknya mengutamakan pembinaan dan sosialisasi kepada pegawai Kelurahan Jaya Mekar dan warganya.

Senantiasa memfasilitasi dan mengarahkan ke arah yang lebih baik termasuk juga agar memelihara fasilitas yang diberikan, seperti imbuhnya, alat pengangkut sampah untuk dimanfaatkan supaya tidak ada penumpukan sampah.

“Hal ini demi menciptakan Kota Sukabumi yang Renyah,”katanya.(dit)

Tags

Tinggalkan Balasan